Drs. H. Benyamin Davnie (Wali Kota Tangerang Selatan), 14 Tahun Kota Tangerang Selatan, Sejahterakan Rakyat dengan Bedah Rumah

Oleh: Syulianita (Editor) - 28 November 2022

Naskah: Sahrudi, Foto: dok. Pribadi/Istimewa

Raut wajah haru bercampur gembira tak bisa disembunyikan dari wajah Ibu Nunung Nuryati manakala melihat rumahnya di Cadas Mapar, Kelurahan Setu, Kota Tangerang Selatan yang dulu reot kini berubah indah dan layak huni. “Alhamdulillah... terima kasih, Bapak Wali Kota. Terima kasih bapak-bapak dan ibu-ibu dari Wali Kota Tangsel. Terima kasih,” ujarnya lirih sembari menatap satu persatu para personel Pemerintahan Kota Tangerang Selatan yang mendampingi Ibu Nunung melihat rumah hasil renovasi atau bedah rumah yang menjadi program Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie.

Wajar Ibu Nunung berbahagia menyaksikan rumahnya yang dulu memprihatinkan, kini berubah menjadi tempat tinggal yang layak dan nyaman untuk dihuni. “Karena tadinya rumah saya dengdek (miring-red) sebelah, sudah lima tahun seperti ini, kalau musim hujan, kehujanan, ya terpaksa tidur sama baskom untuk menampung air hujan yang bocor, masuk airnya. Sekarang Alhamdulillah, terima kasih sekali lagi pak Wali dan jajaran,” ungkapnya haru.

Kebahagiaan Ibu Nunung juga dirasakan banyak keluarga pra sejahtera lainnya di Tangerang Selatan yang mendapatkan bantuan bedah rumah. Semisal Ibu Mini yang juga salah satu penerima bantuan program bedah rumah, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan di bawah kepemimpinan Benyamin Davnie dan Wakil Pilar Saga. 

“Alhamdulillah, rumah saya sudah diperbaiki, terima kasih Pak Wali dan jajaran di pemerintahan. Semoga ini bisa dilanjutkan, agar warga yang belum dapat juga bisa merasakan,” harap Ibu Mini.

Di usianya yang menginjak tahun ke-14 Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Wali Kota Benyamin Davnie bertekad untuk terus mencanangkan gerakan bedah rumah bagi rakyatnya yang masih tinggal di Rumah Umum Tidak Layak Huni (RUTLH). Setidaknya RUTLH milik warga di tujuh kecamatan antara lain Kecamatan Setu, Kecamatan Pamulang dan Kecamatan Serpong telah mendapat bantuan bedah rumah dari Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangsel.

Benyamin Davnie: “Ini Amanah!”

Kebijakan bedah rumah itu merupakan komitmen dari Pemkot Tangsel. Untuk bedah rumah RUTLH yang dilakukan di Kecamatan Serpong, total 22 unit rumah yang sudah diperbaiki. Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie saat meresmikan perbaikan RUTLH Kota Tangerang Selatan yang dilaksanakan di rumah Ibu Mini, Kelurahan Lengkong Gudang Timur, dan di rumah Bapak Muhadi di Jelupang, Serpong, Tangerang Selatan pada awal November silam menegaskan bahwa untuk tahun ini di Kecamatan Serpong total 22 rumah yang diperbaiki.

Dengan adanya bedah rumah ini, Pemkot Tangsel berusaha melaksanakan program sesuai kebutuhan masyarakat. Sehingga, ujar Wali Kota, kebutuhan masyarakat yang sebelumnya bisa habis untuk perbaikan rumah dapat teralihkan untuk hal yang lainnya. “Jadi, rumahnya kita perbaiki,  penggunaan keuangan warga bisa untuk hal lainnya. Supaya warga tidak mengeluarkan uang untuk memperbaiki rumahnya terus,” kata Benyamin.

Untuk itu, Benyamin berkomitmen untuk terus melanjutkan program bedah rumah. Karena dengan program ini, banyak masyarakat yang terbantu. “Apabila program ini bermanfaat ya, pasti dilanjutkan terus, ya untuk masyarakat. Ini amanah juga dari masyarakat,” tambahnya.

Untuk itu, Wali Kota Benyamin Davnie menegaskan untuk melanjutkan program bedah rumah. Karena, dengan program ini banyak masyarakat yang terbantu. Program ini merupakan bukti bahwa Pemkot Tangsel selalu hadir untuk rakyat dan di tengah-tengah rakyat. “Sekali lagi, jika ini bermanfaat pasti dilanjutkan terus, untuk menghadirkan kebahagiaan di masyarakat Tangerang Selatan,” ujar Benyamin.

Ia menjelaskan bahwa di tahun ini ada 200 unit rumah yang dibedah. Sedangkan target untuk tahun depan ada 500 rumah yang dibedah. “Tahun depan target saya 500 rumah yang akan kita bedah. Sehingga sampai akhir tahun 2024, akhir masa jabatan saya, rumah itu kurang lebih ada 1.000 rumah kita bedah,” ujarnya.

Untuk diketahui total jumlah perbaikan RUTLH tahun ini ada 200 unit rumah, sebanyak 150 unit pada APBD murni telah selesai pembangunannya dan 50 unit pada APBD perubahan yang sedang dalam proses pembangunan dan ditargetkan akhir tahun ini selesai.

Tangsel Terang

Dalam kepemimpinan Benyamin Davnie, Kota Tangsel tak hanya menggiatkan program bedah rumah untuk RUTLH tapi juga punya program "Tangsel Terang", yakni program untuk menuntaskan ketersediaan dan keberadaan lampu penerangan jalan umum atau PJU bagi warga pengguna jalan raya di malam hari.

Menurut Wali Kota, program ini setiap tahunnya akan ditambah dan diperbanyak lagi, sehingga kampung di sini juga dapat merasakan program tersebut. Karena itu, Wali Kota mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendukung program yang sudah dijalankan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan agar dapat terealisasi dengan baik.

“Ya, doa dan dukungan dari masyarakat juga yang akan mempermudah kelanjutan dari setiap program-program yang sudah direncanakan,” pungkasnya.