Dr. H. Syariefuddin Hasan, S.E., M.M., M.B.A. (Wakil Ketua MPR RI)

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 April 2021 | telah dibaca 47 kali

Sosok Tangguh dan Solutif

Naskah: Sahrudi Foto: Sutanto/dok. Pribadi

Ada kata-kata bijak paling mengesankan dan selalu tertanam dalam benak Syariefuddin Hasan hingga kini, yaitu, “Hari demi hari kita menciptakan sejarah”. Ya, bagi pria yang akrab disapa Syarief Hasan ini, setiap perbuatan dan ucapan yang seseorang lakukan akan menjadi catatan penting yang dapat menentukan arah dan masa depan orang itu sendiri. “Saya menganggap tidak ada hal yang tidak penting dalam hidup kita, semuanya punya makna, semuanya harus kita hargai,” katanya dan itu sudah ia buktikan. Dari hari ke hari, ada sejarah yang ia torehkan khususnya bagi bangsa dan negara dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Di sisi lain, Syarief juga sosok yang tangguh dan solutif. Penilaian jujur itu disampaikan Presiden ke-6 RI, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sambutan buku biografi “Syarief Hasan: Nakhoda Menatap Laut”.

“Dia seorang yang tekun, mau turun ke lapangan, dan tak pernah merasa lelah meski energinya terkuras,” tulis SBY dalam buku yang diterbitkan Expose, 2021. Masih dalam sambutannya, SBY juga memuji Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini, sebagai sosok berintegritas yang berani dan bertanggung jawab. “Menghadapi persoalan apapun, dia tidak lari dari keadaan. Dia juga tidak suka melempar masalah dan menyalahkan orang lain. Dia tipe yang ikut serta mencari solusi dan tak pernah menyerah sebelum permasalahan selesai,” tulis SBY.

Tipikal personal itulah yang membuat kiprah Syarief begitu dikenal oleh banyak kalangan. Sehingga, tak sedikit dalam perjalanannya ia mendapatkan banyak apresiasi berupa penghargaan dari berbagai pihak, bahkan dari para wartawan yang mencermati dan memberitakan kinerjanya sebagai wakil rakyat.

Sehingga, belum lama ini komunitas insan pers di parlemen mengganjarnya dengan penghargaan sebagai “Tokoh Reformasi Parlemen” dan “Inspiring Journey” dalam acara Teropong Parlemen Award.

Di ruang kerjanya yang luas berkarpet merah, Syarief Hasan menerima kru Men’s Obsession untuk wawancara. Sambutan hangat nan familiar pun diberikan tuan rumah meski dengan protokol kesehatan yang super ketat. Hal itu tak jadi halangannya untuk bercerita lugas tentang banyak hal, mulai dari aktivitas politiknya di Partai Demokrat, kiprahnya di MPR RI, hingga sebagai ayah yang selalu menyediakan waktunya untuk keluarga meskipun tugas menghimpit.

Membuka percakapan, Menteri Koperasi dan UMKM periode 2009-2014 ini, mengawali dengan mengucap syukur karena sudah lebih dari 17 tahun berkiprah di politik sebagai ikhtiarnya untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara. “Artinya apa, cita-cita saya adalah ingin berkontribusi kepada rakyat itu adalah tujuan saya. Kepada rakyat bukan hanya secara individu, ataupun komunitas tertentu tetapi rakyat Indonesia secara keseluruhan,” tegasnya.

 

Bangga Ditempa SBY

Apresiasi dan penghargaan kepada Syarief tentu tak lepas dari kontribusi positif kepada rakyat dengan cara rajin menemui rakyat dan memperjuangkan aspirasi mereka, khususnya ketika ia di parlemen. Ketika rakyat menyambut baik dan aspirasinya tersalurkan, baginya sudah merupakan kebahagiaan serta kepuasan tersendiri. Begitu juga saat ia menjabat Menteri Koperasi dan UMKM dan kiprah di Partai Demokrat.

Syarief terus terang tak bisa melupakan bahwa Partai Demokrat lah yang telah membesarkannya. Karena partai itu mengantarkan jalan baginya untuk mendedikasikan diri bagi seluruh rakyat Indonesia baik sebagai menteri maupun anggota parlemen.

“Secara khusus tentu berterima kasih kepada Pak SBY yang begitu banyak memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dalam segala hal. Pak SBY ini seorang guru yang multitalenta, semua hal kalau boleh saya katakan beliau bisa memberikan contoh dan menyampaikan arahan kepada para kadernya ataupun kepada sub ordinatnya, termasuk saya. Saya merasa bangga karena saya dari tahun 2001 mendampingi beliau sampai sekarang,” papar suami Ingrid Maria Palupi Kansil ini sembari menyatakan kebanggaannya bisa beriteraksi dengan sosok negarawan sekaliber SBY. Karena dari situlah banyak kesempatan, amanah, dan juga kepercayaan yang diberikan SBY kepadanya untuk berkiprah.

“Mulai dari ketua Fraksi PD DPR RI, Sekretaris Sekretariat Gabungan Koalisi yang ketuanya adalah SBY, menjadi menteri menjadi Ketua Harian PD, hingga saya dipercaya sebagai wakil # BANGGA DITEMPA SBY Ketua MPR RI,” bebernya. Ia yakin, jika SBY menyerahkan kepercayaan kepada seseorang pastilah orang itu, kredibilitas, integritas, kompetensi, dan loyalitas. “Integritas dan loyalitas ini menurut saya sangat penting. Di situlah sebenarnya diukur kepribadian seseorang bagaimana dia menjalankan amanah ini. Alhamdulillah, sampai sekarang variabel-variabel itu akan tetap saya pelihara,” ia berkomitmen. Bersyukurlah, setiap amanah yang diberikan kepadanya senantiasa bisa dijalankan dengan maksimal. “Hal itu merupakan kepuasan tersendiri bagi saya selama menjalani karier politik. Yang paling berkesan adalah secara tidak langsung juga saya cukup memberikan kontribusi bagaimana agar rakyat kecil bisa mendapatkan peningkatan kesejahteraan yang bagus,” tutupnya.