Mengintip Mobil Menteri

Oleh: Syulianita (Editor) - 18 December 2019

Sebagai salah satu kendaraan kelas atas, Crown dibekali teknologi safety terbaik,di antaranya teknologi pre-crash system yang bisa mendeteksi kemungkinan tabrakan dan meminimalisir kemungkinan cidera penumpang. Teknologi ini memanfaatkan micro wave radar, lalu mengaktifkan alarm, melakukan pengereman dan mengencangkan seatbelt. Tidak banyak model di dunia yang memiliki teknologi ini. Teknologi canggih lainnya adalah driver monitoring system seperti yang dipakai di Lexus LS 600h untuk mendeteksi pengemudi ngantuk, lalu mencoba menyadarkan kembali.

 

Lainnya Night View System dengan bantuan infra merah untuk meningkatkan keamanan perjalanan di malam hari. Spesifikasi Crown memang lebih comfort dibanding mobil-mobil selevelnya. Karenanya tak heran jika selama lima dekade, Crown sudah dipakai sebagai alat tranportasi petinggi negeri, aparat kepolisian hingga dioperasikan sebagai taksi seperti di Hong Kong karena awet dan andal.

 

Perjalanan dari satu generasi ke generasi Crown berikutnya menjadikan mobil ini semakin tampil keren dan segar. Apalagi dengan banyak varian. Seperti Crown Generasi ke-13 yang sekarang beredar, terdiri dari 6 varian, yaitu Royal, Athlete, Hybrid, Majesta, Sedan, dan Comfort. Namun diantara varian itu, Royal adalah tipe yang paling laris karena berorientasi comfort. Sementara, varian Athlete adalah satu-satunya Crown dengan kecederungan driver-oriented.

 

Lebih sporty terutama Generasi ke-13 yang lebih muda dan lebih segar dibandingkan pendahulunya. Penggunaan teknologi hybrid oleh Crown membuktikan bahwa mobil berukuran besar juga bisa ramah lingkungan. Pecinta Toyota Crown punya pilihan empat mesin. Untuk varian Royal menggunakan mesin V6 masing-masing 2.5 liter dan 3.0 liter. Untuk varian Athlete, menggunakan mesin 3.5 liter V6 yang juga dipakai Lexus GS350. Mesin ini memproduksi daya 315 hp dan 278 lb-ft dan akselerasi 0-60 mph kurang dari dari enam detik.