Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., Mencetak Intelektual Muda di Bumi Banua

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 May 2019

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor

Tahun ini, ULM meraih akreditasi A. Tentunya, ini tidak hanya membanggakan bagi ULM sendiri, tapi juga bagi masyarakat Kalsel, terutama kami, Pemprov Kalsel, juga sangat bangga. Harapan saya, lulusan ULM akan semakin berkualitas, banyak berperan dalam hal pembangunan di Kalsel. Sampai hari ini di Pemprov Kalsel, banyak lulusan ULM yang berperan untuk membangun Banua. Saya juga gembira, melihat istri tercinta sukses yudisium dari ULM dengan predikat cumlaude. Secara personal, saya menilai Pak Sutarto sangat baik, beliau sahabat baik saya. Saya lihat beliau ini fokus dan mau berkolaborasi dengan siapa saja.

 

Hj. Ermina (Istri Rektor)

Sebagai suami, sejak awal pernikahan, Bapak itu termasuk orang yang sangat gigih, kerja keras, tanggung jawab kepada keluarga, masyarakat, dan kehidupan orang banyak. Di dalam keluarga, Bapak bisa menjadi figur yang baik bagi istri dan anak-anaknya. Bapak juga hidupnya selalu ingin berbuat yang terbaik untuk orang banyak karena seperti dalam agama itu kan dikatakan, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Itulah mungkin yang menjadi visi misi Bapak di dalam kehidupannya. Mudah-mudahan itu menjadi amal ibadah untuk bapak.

 

Sekretaris Senat ULM Dr. H. Harpani Matnuh, M.H.

Terpilihnya Pak Sutarto sebagai rektor yang kedua kalinya, ini membuktikan Pak Sutarto Hadi membawa kemajuan yang sangat pesat bagi ULM, baik itu bangunan dari segi sarana dan prasarana. Kemudian, peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas kelembagaan ini kan di bawah kepemimpinan beliau, baik di tingkat prodi, fakultas, maupun universitas, dapat meraih prestasi yang terbaik dengan nilai akreditasi A sebagai sebuah kebanggaan warga ULM dan masyarakat Kalsel pada khususnya.

 

Prof. Dr. H. Rizali Hadi, M.M. (Dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan program studi pendidikan ekonomi). 

Pak Sutarto Hadi dalam memimpin itu kalem, mengatasi masalah dengan tenang, dan keputusan-keputusan yang diambilnya relatif tepat dalam memajukan SDM serta fasilitas-fasilitas yang ada di ULM.

 


Prof. Dr. Ir. Emmy Sri Mahreda, M.P. Dari Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Kami melihat banyak terjadi perubahan yang mendasar, kemajuan terutama akhirakhir ini, yaitu akreditasi dari B menjadi A. Demikian juga di prodi-prodi, semua banyak meningkat yang dari B menjadi A, dari C sudah menjadi B semua. Selain itu, kami mendapat dana dari IsDB untuk membangun infrastruktur baru, seperti beberapa lab. Guru besarnya sekarang sudah banyak, meningkat dua kali lipat. Kemudian yang meraih gelar doktor juga meningkat jauh sekali.

 

Hurul Firda, SKM 

ULM ini sangat memfasilitasi mahasiswanya yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Apalagi dosen ULM sangat membimbing mahasiswanya dengan sangat baik sehingga bisa mencapai gelar sarjana. Sebagai mahasiswa saya menilai Pak Sutarto Hadi itu sangat dekat dengan mahasiswa. Beliau juga sering mengikuti kegiatan-kegiatan mahasiswa baik yang di lapangan, secara akademik dan non akademik. Beliau juga sering membimbing mahasiswa. Harapan saya tentunya semoga ULM menghasilkan wisudawan yang mampu bersaing dengan universitas di luar sana dan juga mampu menghasilkan wisudawan yang memiliki kemampuan hardskill dan softskill sehingga bisa berkompetisi di dunia kerja.