Best Corporate Performance 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 20 January 2017

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. Bukopin/Istimewa

PT Bank Bukopin, Tbk. Terus memacu kinerja untuk menjaga pertumbuhan berkelanjutan. Kesuksesan Bank Bukopin pada 2016 diraih dengan pencapaian laba sebesar Rp1,1 triliun hingga kuartal III/2016, tumbuh sebesar 12,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 978 miliar.

 

Sementara laba bersih bank dengan kode emiten BBKP tersebut hingga kuartal III/2016 mencapai Rp 884 miliar, meningkat 10,7% secara year-on-year. Pertumbuhan laba bersih tersebut terutama ditopang oleh kenaikan pendapatan bunga Perseroan sebesar 13,45% menjadi Rp 6,9 triliun. Sementara pendapatan operasional lain Perseroan juga tumbuh 12,15% menjadi Rp1 triliun.


Direktur Utama PT Bank Bukopin, Tbk. Glen Glenardi menjelaskan bahwa tren tersebut sejalan dengan strategi Perseroan yang memacu pertumbuhan pada sektor ritel dan melalui pos pendapatan non bunga (fee based income). “Hingga triwulan III tahun 2016, kredit yang disalurkan Bank Bukopin mencapai Rp73,1 triliun, meningkat dibandingkan dengan posisi September tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp62,7 triliun,” ujarnya dalam satu kesempatan.


Menurut Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin, Tbk, Eko Rachmansyah Gindo, pertumbuhan kredit Perseroan juga diikuti oleh kenaikan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) yang tumbuh sebesar 10,92% secara year on year menjadi Rp1,3triliun. “Kondisi tersebut menunjukkan pertumbuhan bisnis Perseroan dilakukan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian,” jelasnya.
Kemampuan penyaluran kredit tersebut didukung oleh penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terus meningkat. Posisi DPK Bank Bukopin bertumbuh 6,68% menjadi Rp78,5 triliun dari periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp73,5triliun.