Rita Widyasari - Srikandi Golkar Kaltim

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 29 November 2016

Tahun 2016 merupakan tahun penuh prestasi bagi Rita. Selain kembali dipercaya menjabat Bupati Kukar dan terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kaltim, dia juga mulai dikenal sebagai figur pemimpin perempuan yang sukses membangun daerahnya telah diakui secara internasional. Sekali lagi, ini membuktikan bahwa keterpengaruhannya juga diakui dunia. Sebut misalnya, penghargaan internasional Global Leadership Awards 2016 untuk kategori Woman Icon Of The Year dari majalah bisnis asal Malaysia, The Leaders International yang bekerjasama dengan American Leadership Development
Association (ALDA).


Dia juga dianugerahi penghargaan Woman Icon Of The Year setelah meraih penilaian tertinggi dari tim penilai yang terdiri dari Arthur F Carmazzi (Sekretaris Jenderal ALDA), HE. Abdulrahim Jasan Naqi (Pakar Bisnis), Steve Cheah (pebisnis asal Malaysia yang aktif dalam kamar dagang luar negeri Thailand untuk ASEAN Economic Community), dan Prof. M.S. Rao (Pakar Konsultan Kepemimpinan dari India). Peraih gelar Ph.D, ini juga mendapatkan pengakuan nasional melalui beberapa penghargaan, seperti Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI.


Selama pemerintahan Rita, Kukar masuk dalam 10 besar kabupaten dengan tata kelola yang baik (LAKIP) dan mengalami peningkatan sosial ekonomi. Kesuksesan Rita baru-baru ini adalah terpilih kembali sebagai Bupati Kukar untuk kedua kalinya dengan pencapaian suara 89,44%.


Dari pemerintah pusat, dia mendapatkan apresiasi dalam bidang kepramukaan.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka memberikan tanda penghargaan pramuka kepada Rita bersama 38 tokoh lainnya yang berkontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan Pramuka Indonesia. Dia mendapatkan penghargaan Lencana Melati.


Pemberian tanda penghargaan pramuka langsung disematkan Jokowi di upacara peringatan Hari Pramuka ke-55 dan pembukaan kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada Agustus silam.


Salah satu tokoh yang mendapat penghargaan pramuka, yakni Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. Megawati mendapatkan tanda penghargaan lencana tunas kelapa yang merupakan penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka.
Atas berbagai prestasi yang dicetaknya tersebut Rita terpilih sebagai salah seorang dari 71 tokoh berpengaruh di Indonesia tahun 2016 versi Majalah Men’s Obsession edisi Agustus 2016.