Rita Widyasari - Srikandi Golkar Kaltim

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 29 November 2016

Naskah: Sahrudi Foto: Istimewa

Lahir dan besar di keluarga yang kental dengan Golongan Karya (Golkar) menjadikan Rita Widyasari bener-bener seperti "buah jatuh tak jauh dari pohonnya".

 

Keluarganya, khususnya sang ayah Syaukani HR yang mantan Bupati Kutai kartanegara (Kukar), adalah tokoh partai berlambang pohon beringin yang sangat disegani. Tak hanya di Kukar tapi juga Kalimantan Timur (Kaltim). Karena itulah, pasca berpulangnya ayahanda tercinta, seperti menjadi pemicu bagi Rita untuk tetap mempertahankan marwah politik Partai Golkar.


Itulah satu dari sedikit alasan kenapa dia mau menerima amanah dari kader Partai Golkar di Kaltim yang memintanya menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kaltim. “Golkar itu yang melahirkan saya sebagai insan politik,” tegas Rita. Dia memang kader yang tumbuh dari 'akar rumput'. Mulai dari kader Partai Golkar biasa yang juga aktif di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), hingga menduduki Ketua DPD KNPI Kabupaten Kukar. Dia terus mengasah kemampuan politiknya termasuk belajar tentang leadership di lembaga tersebut. Selama ini Rita dikenal di kalangan politisi sebagai sosok politisi muda yang andal dan 'tahan banting' karena berhasil melalui berbagai ujian.


Ketekunannya dalam menjalankan peran demi peran di Partai Golkar membuat dirinya memahami betul bagaimana mendekati hati rakyat, mengedukasi masyarakat tentang politik, dan menawarkan ide-ide segar pembangunan kepada masyarakat sekitar. Sehingga ketika dia ikut meramaikan Pemilu tahun 2009 sebagai calon anggota legislatif di Kukar, Rita memperoleh suara terbanyak, hingga Partai Golkar bisa meraih 12 kursi di DPRD Kukar. Padahal ketika itu kredibilitas Golkar tengah menghadapi ujian berat.


Namun, Pemilu tersebut membuktikan Partai Golkar tetap mendapat tempat di hati masyarakat Kukar. Alumnus Unpad Bandung ini pun mampu meyakinkan masyarakat Kukar untuk memimpin kota kerajaan tersebut. Ini semakin memantapkan langkah politiknya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Kukar. Langkah maupun gebrakannya semakin memikat rakyat. Hasilnya pun positif, Rita didaulat rakyat menjadi Bupati Kukar selama dua periode.