Johan Budi SP Orang Baik di Sisi Presiden

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 18 January 2016

Kesederhanaan seorang Johan Budi bukanlah hal baru bagi siapapun yang mengenalnya secara dekat. Mulai dari penampilan sampai keseharian, ia memang sederhana. Saat di KPK, misalnya, ia tak sungkan menjawab pertanyaan wartawan ketika ditanya soal penghasilannya. “Saya hanya punya penghasilan gaji di KPK, dapat THT (Tunjangan Hari Tua) lumayanlah. Ada cicilan yang belum lunas, rumah dan mobil belum,” aku Johan yang tidak punya penghasilan lain selain dari gaji  dari KPK yang terakhir ia terima sekitar Rp 50 juta.


Saat disinggung soal cicilan rumah dan mobil ketika ia menyatakan resign dari KPK, Johan hanya tersenyum. “Rezeki itu pasti ada saja. Istri saya juga bekerja dan anak saya kuliah di universitas negeri. Selama ini gaji saya juga sudah lebih dari cukup,” jawabnya.


Pun begitu juga dengan penampilannya sehari-hari. Terkadang kita bisa menyaksikan Johan tampil dengan baju batik yang sama. Baik ketika di kantor maupun saat diwawancarai televisi meski 10 Tahun lebih di KPK dan sudah menduduki 5 jabatan hingga jabatan tertinggi sebagai Plt Pimpinan KPK. Tak heran kalau ibundanya kerap mengkritik penampilan Johan yang selalu tampil dengan batik yang itu itu terus. Sang ibu tahu karena selalu menyaksikan berita tentang anaknya di layar kaca.