Search:
Email:     Password:        
 





Tiga Langkah Atasi Gelambir di Tubuh

By Rapiudin () - 26 September 2013 | telah dibaca 6005 kali

Naskah: A. Rapiudin/berbagai sumber   Foto/Ilustrasi: Dok. MO

Sudah hukum alam dengan bertambahnya usia, pola makan yang tidak teratur plus jarang olahraga bisa membuat kulit menjadi lebih cepat berkerut dan bergelambir. Ini akibat jaringan penunjang di bawah kulit mulai berkurang sehingga menjadi kendur. Garis-garis kerut tidak bisa dihindari termasuk gelambir yang mulai tampak terlihat jelas, mulai kantong bawah mata hingga beberapa bagian tubuh lainnya, seperti lengan atas, paha, leher, dan perut.

Tak hanya wanita, pria pun mengalaminya. Punya gelambir pada salah satu bagian tubuh tentu sangat menyebalkan, karena dapat memperburuk penampilan seseorang. Sehingga timbul rasa minder saat bertemu atau berkumpul dengan banyak orang.

Usia memang menjadi faktor dominan timbulnya gelambir di bagian tubuh. Faktor lainnya adalah asupan makanan yang tidak teratur. Ini bisa membuat tubuh gemuk dan pada saat tubuh menjadi lebih kurus, sebagian anggota tubuh, seperti lengan, leher atas, paha, dan perut, akan terlihat berglambir jika tidak didukung berolah raga.

Begitu juga bagi wanita usai melahirkan, maka akan terlihat terutama pada bagian perutnya yang terlahir berglambir. Selain itu, kebiasaan begadang dan kurang tidur akan membuat kantung mata kelihatan seperti menggantung.

Selain itu, bagi orang yang mengalami obesitas atau kegemukan, maka lengan, perut, paha,leher, mungkin tidak akan kurus dalam jangka waktu singkat, sehingga yang tampak adalah gelambir di bagian tersebut. Meski demikian, upaya untuk menguruskan bagian tubuh yang bergelambir dan kerutan harus tetap dilakukan.

Tetaplah mengonsumsi makanan tinggi protein seperti ikan, daging tanpa lemak, dan juga serat seperti buah dan sayur. Semua makanan yang masuk dalam tubuh harus tetap seimbang sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Ada banyak cara untuk menghilangkan gelambir atau kerutan di bagian tubuh. Bisa dengan melakukan pengencangan kulit, olahraga, atau dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat membakar lemak.

A. Pengencangan kulit
Tren pengencangan kulit yang sudah lama diminati ini tak pernah surut oleh peminatnya,terutama bagi kalangan wanita. Untuk melakukan pengencangan kulit, bisa dilakukan beberapa teknik mulai dari penggunaan krim yang diberikan melalui resep dokter, injeksi, gel, hingga penggunakan alat khusus untuk treatment- nya.

Namun, untuk melakukan pengencangan kulit,  tidak bisa dilakukan secara cepat atau instan, tetapi memakan waktu cukup lama sehingga hasilnya bisa lebih maksimal dan lebih lama. Didukung dengan penggunaan krim anti aging juga bisa membantu menunda datangnya kulit yang kendur.

Pengencangan kulit memang bukan satu-satunya cara menghilangkan gelambir atau kerita di bagian tubuh. Juga tidak menjadi suatu  keharusan yang mesti dilakukan oleh setiap orang.  Tetapi, hal itu kembali kepada kesadarannya masing-masing dalam memperhatikan perubahan pada tubuh mereka.

Kendati tidak ada efek samping, sebaiknya wanita atau pria yang ingin melakukan teknispengencangan kulit tetap konsultasi dengan dokter dan memerhatikan asupan makanan. Dan yang tidak boleh dilupakan juga adalah olah raga sehingga kulit akan lebih segar dan bugar.

B.Olahraga
Olahraga punya peran amat penting untuk menghilangkan kerutan atau gelambir di tubuh.Salah satu bagian yang bergelambir, lengan misalnya, sering menjadi momok tersendiri bagi wanita. Lengan yang kendur biasanya disebabkan kurangnya pembentukan otot dan tingginya timbunan lemak di daerah tersebut.

Latihan beban adalah cara yang tepat untuk mengatasi lengan bergelambir. Latihan beban tidak
akan membuat otot wanita menjadi sebesar otot pria karena perbedaan hormonal, jadi Anda
tidak perlu takut untuk berlatih beban.

Bagaimana pun olahraga adalah hal sangat penting yang diperlukan untuk mempercepat pembakaran lemak-lemak di tubuh. Untuk olahraga, Anda bisa senam yang gerakannya mengena pada bagian-bagian tubuh yang bergelambir.

Selain itu, Anda perlu meluangkan waktu tiap hari untuk berjalan atau jogging. Sekilas, berjalan kaki mungkin kelihatannya tidak menghasilkan apa-apa, namun sebenarnya Anda bisa menghilangkan banyak lemak. Tidak hanya di bagian lengan tetapi bagian tubuh lainnya  dengan melakukan aktivitas ini.

C. Konsumsi buah
Selain melalui pengencangan kulit dan olahraga, ada buah-buahan yang juga punya manfaat untuk membakar lemak di tubuh. Jenis-jenis buah-buahan tersebut antara lain:
 
Alpukat
Jenis buah satu ini mengandung asam lemak omega-9 yang juga ditemukan dalam minyak zaitun.
Fungsinya adalah membakar lemak dengan lebih cepat untuk diubah menjadi energi dan
meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Lemon
Buah ini dikenal punya khasiat menjaga keseimbangan asam dalam tubuh. Makan lemon sama
dengan menjaga hati dan secara tidak langsung membantu sistem pencernaan serta pembakaran
lemak dengan cepat.

Tomat
Tomat dikenal kaya akan vitamin C dan senyawa bernama lycopene. Tomat juga berfungsi merangsang produksi asam amino bernama carnitine. Sebuah penelitian sudah membuktikan kalau carnitine mampu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Blueberry
Buah ini juga bermanfaat bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, karena kandungan tertentu dalam blueberry dapat membantu membakar lemak. Hasil penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa blueberry bisa membakar lemak hingga 73 persen bila diberikan dalam dosis maksimal. Buah blueberry dapat memecah sel-sel lemak serta menghambat pembentukan jaringan lemak baru bisa untuk mengatasi obesitas.
 
* Artikel ini dimuat di Majalah Men's Obsession edisi 116, September 2013

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

                         
   

Popular

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 233250