Film-film Islam Terbaik Sepanjang Masa

Oleh: Andi Nursaipul (Administrator) - 01 July 2013
Naskah: Andi Nursaiful   Foto: Dok. MO

Islam memiliki sejarah yang begitu kaya. Namun demikian, mempelajarai sejarah Islam melalui buku-buku sejarah, terutama untuk anak-anak, akan lebih menyenangkan jika disampaikan melalui film.

Terlebih, mayoritas masyarakat Indonesia masih memiliki budaya tonton ketimbang budaya baca. Di bawah ini kami merekomendasi sejumlah film-film Islam terbaik sepanjang masa.

Sebuah film islam yang baik tentunya merupakan sebuah media dakwah, bagi bagi penulisnya maupun sang sutradara. Film-film islam seharusnya mampu menyampaikan dakwah tentang nilai-nilai Islam dengan lebih bagus dan menyeluruh ketimbang sebuah buku.

Salah satu contoh terbaik adalah film Omar bin Khattab yang pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Tanah Air, tahun lalu, dan berhasil meraih rating tertinggi. Di film ini ada adegan di mana sahabat rasulullah, khalifah Umar bin Khattab, membebaskan dua budak yang mencuri unta karena kelaparan. Umar memutuskan sebuah persoalan secara adil dan tegas.

Keadilan tidak dilihat dari perbuatan salah, tapi apa yang menyebabkan dan mendorong perbuatan tersebut terjadi. Dari sebab musabab yang jelas inilah kemudian Umar mengambil keputusan malah menghukum sang majikan.