UNIKOM Bandung Kampus IT Berkelas Dunia

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 23 November 2015

Naskah: Giattri F.P., Foto: Dok. UNIKOM

Bicara tentang kampus swasta nasional berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang sudah mendunia, tentu tak bisa melepaskan nama Universitas Komputer (UNIKOM), Bandung yang dirintis dan dipimpin Eddy Soeryanto Soegoto. Betapa tidak, Universitas yang masuk dalam Top 100 ASEAN tersebut mampu berunjuk gigi dan mempertahankan prestasi dalam pentas dunia.

Tentu saja, itu tak lepas dari peran Eddy Soeryanto Soegoto sebagai Rektor sekaligus pendiri perguruan tinggi tersebut. Kepiawaiannya dalam membangun sistem dan mengarahkan dosen serta mahasiswanya untuk berani berkompetisi telah menjadikan UNIKOM sebagai salah satu  perguruan tinggi terbaik tak hanya hanya di tanah air tetapi juga dunia.  Hal ini terbukti dengan terpilihnya UNIKOM sebagai TOP 100 Asia University Repositori 2015 (Webometrics), 5 tahun Top 100 Universitas Asia Tenggara (Webometrics), Satu-satunya Perguruan Tinggi Indonesia yang dikirim Microsoft ke ajang kompetisi ICT Dunia, World Wide Microsoft Imagine Cup 2015 di Seattle, Amerika Serikat, dan Indonesia Best Private University 2013.


Prestasi yang dicapai UNIKOM ini melengkapi berbagai prestasi yang telah dicetak beberapa tahun sebelumnya. Universitas yang berdiri pada 8 Agustus tahun 2000 ini memulai debutnya pada kompetisi ditingkat regional Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) ketika meraih Juara Wilayah, yang disusul dengan Juara Nasional pada tahun 2007. Pada tahun yang sama UNIKOM juga  tampil sebagai Juara Nasional pada Indonesia ICT Award (INAICTA) 2007 sehingga dikirim oleh Pemerintah Indonesia mewakili Perguruan Tinggi Indonesia pada Asia Pasifik ICT Award (APICTA) 2007 di Singapura.


Sejak berdiri tahun 2000 lalu, Universitas yang memiliki slogan Quality is Our Tradition ini terus bermetamorfosa menjadi sebuah kampus unggulan kelas dunia. Dalam perkembangannya, selain terus memperkokoh sistem yang kuat, UNIKOM juga mampu membuktikan kiprahnya di kancah nasional maupun internasional. Sejak tahun 2007, nama UNIKOM makin merekah pasca mendulang gelar sebagai jawara nasional dalam kontes robot cerdas Indonesia (KRCI).
Tahun 2008, ajang serupa pun diikuti lagi oleh sejumlah tim mahasiswa UNIKOM. Hasilnya, UNIKOM kembali meraih predikat sebagai juara nasional. Puncaknya, ketika pada tahun 2009 tim UNIKOM lagi-lagi didaulat sebagai juara pertama, hal tersebut membuat pemerintah melirik dan mengirimnya ke kejuaraan tingkat internasional di Amerika Serikat. Ketika itu, UNIKOM merupakan satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang mempertandingkan robotnya di Amerika.


Dalam kejuaraan robot internasional bernama Trinity College Robot Contest di Hartford, Connecticut, AS tersebut, UNIKOM mampu menunjukkan taringnya sebagai juara pertama dan mendapatkan medali emas, setelah mengalahkan berbagai perguruan tinggi dari 110 negara.


UNIKOM juga pernah meraih Juara Dunia bidang Teknologi Informasi, yakni World Skills Competition (WSC) 2013, di Leipzig-Jerman, dan menempat Peringkat 19 Dunia (TOP 20 DUNIA) dalam bidang IT Network Systems Administraton. Prestasi ini berada di atas Negara Eropa yang dianggap lebih maju dari Indonesia seperti Jerman sebagai tuan rumah dan Negara maju lainnya. Kejuaraan Dunia dalam bidang ini diikuti oleh 32 kompetitor dari 32 Negara.