Sensasi Hotel Unik, Dari Es Hingga Garam

Oleh: Syulianita (Editor) - 10 November 2015

Naskah: Sahrudi/dari berbagai sumber, Foto: Istimewa

 

Ketika banyak hotel konvensional berlomba menampilkan kemewahan dan keindahan serta fasilitas canggih untuk memanjakan sang tamu, tidak demikian dengan sejumlah hotel di sejumlah negara yang hadir dengan konsep unik bahkan nyeleneh. Sebut misalnya, hotel yang dibuat dari pasir, es, garam, dan bahan matrial lain yang tidak biasa. Tarifnya mungkin sama, tapi sensasinya berbeda. Hotel-hotel ini, tentu saja ada yang bersifat tidak permanen alias dibuat untuk jangka waktu tertentu, khususnya untuk menggiring tamu agar datang dan menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi berlibur mereka.

Seperti dikutip news.com.au, dalam rangka festival patung pasir yang diselenggarakan setiap tahun di Belanda, yakni di Kota Oss dan Sneek maka maka dibangun hotel yang terbuat dari pasir dan diberi nama Sand Hotel yang terdiri dari dua bangunan dengan dinding yang tipis namun tahan lama. Seperti umumnya hotel, di dalam hotel pasir ini ada tempat tidur, karpet, kamar mandi, listrik, Wi-Fi, jendela. Dengan merogoh kocek 235 dolar AS per malam, Anda sudah bisa mencoba menikmati kamar berpasir ini, sebelum hotel ini akan berhenti beroperasi pada akhir Oktober tahun ini.

 

Atau jika ingin menikmati hotel dari bongkahan es, bisa mencobanya di hotel The Jukkasjarvi yang terletak di Kutub Utara. Dari sebuah igloo (rumah suku Eskimo) berukuran hanya 18 meter, bangunan ini menjelma menjadi hotel es pertama dan terbesar di dunia dengan 61 kamar plus fasilitas lengkap, seperti bar, kapel, sampai teater. Suasananya tentu super dingin karena hotel ini dibangun menggunakan 1,000 ton es dan 30,000 ton campuran bunga es dan salju yang fungsinya membuat struktur bangunan ini tetap aman. Suhu di dalam hotel ini tidak pernah dibawah -6 derajat celcius, namun memiliki ruangan hangat. Tapi, tentu saja hotel ini hanya beroperasi pada saat musim dingin saja, atau sekitar bulan Desember sampai pertengahan April. Setidaknya, setiap tahun ada 50.000 traveler yang mendatangi hotel ini untuk mencoba sensai baru keindahan interior yang semuanya terbuat dari es.

 

Tak hanya Jukkasjarvi, hotel es yang tak kalah eksotis adalah Hotel de Glace, di Kanada yang hanya perlu waktu tempuh 10 menit perjalanan dari Kota Quebec. Semuanya serba es. Mulai dari kafe, bar, hingga aula pernikahan. Ingin mencoba dinginnya hotel yang mendapat Certificate of Excellence 2012 ini ? Siapkan uang skitar Rp 4,5 juta untuk semalam.

 

 

Ada lagi hotel Iglu Dorf, di Swiss yang dibangun di sejumlah titik kota di negeri dingin ini antara lain di Andorra, Davos di Klosters, Engelberg di Pegunungan Titlis, Gstaad, Zermatt dan Zugspitze. Hotel ramah lingkungan ini memiliki banyak jenis kamar mulai dari untuk bulan madu hingga untuk keluarga.