Brand New Superluxury Cars

Oleh: Syulianita (Editor) - 10 November 2015

Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber, Foto: Istimewa

 

Di tengah krisis global pabrikan otomotif premium dunia justru berlomba memperkenalkan varian-varian terbaik mereka. Ajang Frankfurt International Motor Show 2015 yang baru usai akhir September lalu, pun berkilau mobil-mobil paling mewah. Berikut yang terbaik pilihan redaksi.

 

 

Alfa Romeo Giulia QV

Inilah varian teratas terbaik besutan pabrikan mobil sport premium asal Italia, Alfa Romeo. Giulia QV atau Quadrifoglio Verde, merupakan versi high performance dari seri New Giulia yang diperkenalkan awal tahun ini. Mobil ini mengusung mesin V6 2.9 liter twin-turbo yang menyemburkan tenaga hingga 510 Hp.

 

Dipadu dengan sistem transmisi enam percepatan manual, Giulia QV mampu melesat dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik. Giulia QV didesain untuk performa terbaik, dengan distribusi berat 50/50 secara sempurna, menggunakan suspensi belakang ekslusif Alfalink terbaru, dan dikontrol secara elektronik. Ada tiga opsi pengendaraan, yaitu Dynamic, Natural, Advanced Efficient dan mode Racing.

 

 

 

 

Aston Martin DB9 GT Bond Edition

Bersamaan dengan penayangan film James Bond terbaru, Spectre, pada November 2015, pabrikan kendaraan premium asal Inggris merilis varian DB9 GT Bond Edition. Agen rahasia 007 memang sudah langganan menggunakan Aston Martin sejak awal seri film James Bond.

 

DB9 GT Bond Edition sekaligus merayakan setengah abad hubungan Aston Martin dengan film franchise itu. Meski begitu, dalam film Spectre nanti, agen 007 tidak menggunakan DB9, melainkan DB10 yang hanya dibuat 10 unit untuk keperluan film James Bond.

 

DB9 GT Bond Edition sendiri hanya dibuat sebanyak 150 uniut untuk seluruh dunia, dengan banderol sekitar Rp3,56 milyar, lebih mahal Rp540 juta dari DB9 GT versi biasa. Untuk pasar Indoensia, Gerai Aston Martin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat yang baru dibuka, mematok banderol DB9 versi standar senilaiu Rp 6,82 milyar.

 

DB9 GT edisi khusus mengusung mesin V12 6.0 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 540bhp. Mereka yang beruntung bisa memiliki mobil ini akan mendapat tas kulit Globe-Trotter yang berisikan jam tangan Omega Seamaster Aqua Terra 150m edisi khusus dengan tali Aston Martin.

 

Selain DB9 GT Bond Adition dan DB10, Aston Martin beberapa bulan lalu juga memperkenalkan Aston Martin Vulcan seharga £1.5 juta atau sekitar RP3,2 milyar, dengan mengusung mesin V12 7 liter.

 

Audi S8 Plus

Baru beberapa bulan yang lalu mengguncang dunia otomotif global dengan peluncurkan mobil sport Audi R8 generasi kedua bermesin dahsyat V10, produsen otomotif premium asal Jerman ini kembali memperkenalkan varian terbaru S8 Plus.

 

The All New Audi S8 Plus masih mengusung mesin V8 twin-turbo 4-litre, akan tetapi tenaganya ditingkatkan dan torsinya pun digenjot dari sebelumnya 516 bhp dan 479 lb-ft menjadi 597 bhp dan 553 lb-ft.

 

Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, Audi S8 kini menyaingi Ferrari 458 Speciale bahkan mampu bersaing dengan Nissan GT-R. Akselerasinya mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, hanya dalam tempo 3,8 detik. Tak sampai di situ, bagi penyuka kecepatan, ada opsi mengganti top speed standar 250 km/jam dengan top speed 300 km/jam lebih.

 

Audi S8 Plus akan dipasarkan lebih dulu dio negeri asalnya, Jerman, akhir tahun ini dengan banderol USD158,000 atau sekitar Rp2,3 milyar. Harga ini lebih kurang sama dengan Audi R8 versi mesin V10 dengan 540 PS, namun lebih murah dari Audi R8 versi mesin V10 610 PS senilai Rp2,7 milyar.

 

Audi R8 generasi kedua sendiri mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dengan waktu hanya 3,2 detik. Seperti S8 Plus, R8 juga baru bisa sampai ke tangan konsumen pada akhir tahun ini, meski sudah bisa dipesan sejak bulan Mei lalu.