Akira Back Menu Barat di Resto Jepang

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 04 August 2015

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Fikar Azmy

Jika kebanyakan restoran Jepang menyediakan menu-menu khas Jepang seperti Sushi, Sashimi, Shabu-Shabu dan Ramen, berbeda dengan Akira Back. Resto Jepang satu ini, justru menyuguhkan menu-menu campuran western menu yang tak biasa, seperti tuna pizza yang menjadi favorit para tamu.

Akira Back Jakarta yang terletak di MD Building kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan ini memang belum lama beroperasi. Meski begitu, resto yang dibidani oleh seorang chef internasional ternama asal Korea, Chef Akira yang memiliki nama asli Sung Ook Back ini, terlebih dahulu beroperasi di mancanegara, seperti di New Delhi, India. Sebelumnya Chef Akira juga membuka resto lainnya di mancanegara, antara lain, Yellowtail Japanese Restaurant & Lounge di Bellagio Resort & Casino di Las Vegas. Bahkan kreasi klasik menu Jepang  chef Akira di Yellowtail berhasil menarik hati para bintang Hollywood, seperti Taylor Swift, Eva Longoria, Pink, dan lainnya.


Chef Akira juga telah dikenal sebagai celebrity chef di mancanegara. Ia seringkali tampil di berbagai acara televisi, seperti, Food Network’s Iron Chef Amerika Food Network’s The Best Thing I Ever Ate, The Cooking Channel’s United Tastes of America, KBS’s Success Mentor di Korea, dan NBC’S The Today Show. Beberapa penghargaan bergengsi pun berhasil diraihnya, seperti, penghargaan Rising Star oleh Restaurant Hospitally pada tahun 2008 dan meraih penghargaan sebagai Best Chef di Las Vegas dari Las Vegas Weekly.


Akira Back Resto Jakarta merupakan restoran yang dirancang dengan konsep lifestyle restaurant dan lounge dengan suasana santai. “Jadi siapapun bisa dinner di sini dengan pakaian casual tidak perlu dress up,” ungkap Marketing & Promosi Akira Back, Gabriella Subires. Meski begitu, interior resto tetap tampil mewah, dengan dominasi desain interior kayu. Resto berkapasitas 250 seating capacity ini, terbagi ke dalam beberapa area, yakni private room dan VIP Room, serta area bar yang terletak di sisi kiri resto.


Yang juga menjadi keunikan dari resto ini, adalah menunya. Ya, meski Akira Back termasuk ke dalam jenis restoran Jepang, namun menu-menu yang disuguhkan bukan hanya menu-menu Jepang pada umumnya, seperti sushi dan sashimi. Akira juga melengkapi resto dengan menu-menu western seperti Pizza, Steak, dan Tacos dengan kelebihan dan keunikan yang mungkin hanya dapat ditemui di Akira Back. Menu-menu di Akira Back memang istimewa. Hal itu lantaran menu tersebut merupakan menu yang diciptakan dan hasil kreasi Chef Akira atas dasar passion dan eksplorasi sang Chef selama berpetualang di dunia kuliner.


Untuk appetizer misalnya, Anda bisa memesan Tuna Pizza, yakni pizza andalan Akira Back yang super tipis seperti tacos. Tuna Pizza disajikan dengan saus khas Jepang, ponzu mayo dan lembaran tuna sashimi yang super tipis sebagai toppingnya. Rasa pizzanya gurih dan renyah. Aroma truffle oil yang dilumuri di atas pizza tersebut begitu terasa, apalagi ketika pertama kali pizza disantap. Tak ketinggalan, taburan blackpepper di atas pizza juga menambah citarasa pizza. Tak heran jika, pizza ini menjadi menu favorit para tamu.


Sementara untuk menu main course, beberapa menu yang menjadi rekomendasi, antara lain, Rib Eye, Strip Loin, Sake Steamed Flounder, dan Alaskan Kings Crabs. Di samping itu, menu 48 Hours Slow Cooked Wagyu Short Ribs dengan harga Rp.450.000,++ menjadi menu andalan Akira Back yang harus dicoba. Kelezatan rasa daging Wagyu tanpa lemak serta teksturnya yang lembut benar-benar mampu menggoyang lidah Anda. Sesuai namanya, menu ini dimasak dengan menggunakan teknik dan proses slow cooking selama 48 jam. Maka tak heran jika menghasilkan masakan yang luar biasa.  


Tak ketinggalan beragam menu-menu baru yang disajikan di Akira Back sejak Mei 2015 lalu akan semakin memperkaya pengalaman kuliner Anda, yakni, Popcorn Shrimp, Grilled Octopus, dan Oxtail Steamed Buns yang menjadi menu fenomenal di Amerika. Paduan oxtail dengan habanerd soy braibed, kimchee, dan slided red radish menjadikan menu tersebut kian istimewa.


Sedangkan untuk menu dessert, Anda bisa mencoba Yuzu Cheesecake, Honey Yoghurt Panacotta dan Coconut Ice Cream. Untuk minuman, tersedia beragam jenis minuman, baik alkohol maupun non alkohol. Kesegaran spinach Power berupa campuran spinach, apple juice, lemon juice dan cinnamon syrup homemade, bisa menjadi pilihan untuk melepas dahaga.