Kurma-Kurma Istimewa

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 04 August 2015

Naskah: Aryani Indrastati, Foto: Dok. Bateel Indonesia

Di bulan Ramadhan buah yang satu ini menjadi salah satu favorit yang setia menemani kita berbuka puasa. Ya, kurma menjadi salah satu buah yang selalu hadir menyemarakkan suasana puasa. Mengapa buah kurma menjadi makanan pembuka paling dicari saat berbuka puasa? Karena kurma mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, sekaligus dapat mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa satu hari.

Kurma termasuk keluarga pohon kelapa dan pinang, diperkirakan sudah dikembangkan sejak berabad-abad lalu. Kurma merupakan buah dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah kurma adalah phoenix dactylifera. Berasal dari tanah sepanjang di sungai Nil dan Efrat. Namun, sekarang ini pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia, dan Amerika (California).

BANYAK MANFAAT     
Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis. Seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma mengandung gula sederhana seperti, fruktosa dan desktrosa. Jenis gula ini mudah dicerna dan dengan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebut, kurma pun sangat cocok sebagai makanan buka puasa.


Daging kurma mengandung karbohidrat tinggi 70% setelah dikeringkan. Sedangkan kurma masih basah dan matang di pohon, mengandung karbohidrat 60%. Selain karbohidrat, buah kurma juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, dan banyak mengandung serat. Sebetulnya melihat komposisi dan manfaat kurma, tidak hanya baik dikonsumsi ketika puasa. Kurma bisa dijadikan camilan menyehatkan sepanjang tahun.


Menilai banyaknya manfaat kurma inilah yang membuat Tania Walla, memiliki ide membuka butik kurma premium bernama Bateel di Senayan City lower ground delapan tahun lalu dan Plaza Indonesia. Bateel berarti tunas pohon, merupakan waralaba khusus kurma kualitas terbaik dari Arab. Bateel kini telah menyebar ke Azerbaijan, Bahrain, India, Jordan, Arab, Kuwait, London, dan negara lainnya.
    
RAGAM KURMA UNIK
“Saat Ramadhan ini kami tidak mendatangkan jenis kurma baru lagi. Karena di butik kami sudah memiliki cukup banyak varian kurma. Bateel memiliki 15 jenis kurma. Di antaranya agwa, madjool, sokari, kholas, khidri, sekki dan lainnya,” ujar Santi Herawati selaku general manager Bateel kepada Men’s Obsession.


Untuk penyuka manis, kita bisa memilih Kholas dan Barhi. Sementara, kurma Ajwah atau dikenal kurma Nabi bisa jadi pilihan bagi yang kurang menyukai manis.


Tahun ini cokelat kurma dan biskuit kurma hadir dengan macam yang cukup komplit. Santi menjelaskan, “Produk yang menjadi favorit di butik kami adalah kurma itu sendiri, terutama untuk jenis Agwa atau kurma nabi, Madjool, Kholas, dan Khidri. Juga Stuffed Dates yaitu kurma dengan biji yang diganti dengan beragam isi seperti almond, macadamia, manisan jahe, kacang pistachio, manisan kulit jeruk maupun lemon.” Selain buah kurma asli, ternyata di sini kita dapat menemukan beragam turunan produk lain. Ada juga sari kurma yang menjadi hot produk kita sehari-hari. Lainnya, champagne dengan racikan kurma tanpa alkohol menjadi salah satu pilihan. Ini merupakan semacam sparkling dengan buih dan sensasi manis lembut di mulut. Lainnya, beragam cookies dengan paduan pasta kurma, cokelat, dan buah-buahan. Terdapat jus kurma yang dijual dalam kemasan botol, selai, olive oil, mustard, bahkan madu dengan campuran kurma.


Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Bateel menyediakan beragam hantaran kurma ekslusif bagi keluarga atau kerabat dan mempersiapkan beragam box cantik. “Memang saat Ramadhan selalu terjadi peningkatan penjualan. Saya sudah menerima permintaan dari berbagai perusahaan yang meminta informasi mengenai paket-paket terbaru. Kami biasanya menyajikan dalam box cantik dan ekslusif dengan harga paket berkisar dari Rp100.000 sampai Rp20juta,” tambahnya menutup pembicaraan.