Sehat Bisa Dimulai dari Alas Kaki

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 30 July 2015

Naskah : Sahrudi Foto : Istimewa

Seringkali kita melupakan bahwa alas kaki, entah itu sepatu atau sandal, yang biasa kita pakai sehari-hari ternyata memiliki korelasi yang signifikan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti dikutip dari timesofiIndia.com, seorang dokter pengobatan dan bedah podiatrik, Jacquelin Sutera mengungkapkan bahwa banyak problema  kesehatan yang dimulai dari alas kaki. Bahkan, sepatu yang terlihat nyaman di kaki, misalnya tak luput dari ancaman membahayakan tubuh karena memberikan efek yang buruk bagi kesehatan.
Lalu, alas kaki seperti apa saja yang memberikan implikasi pada kesehatan tubuh? Berikut beberapa penjelasan tentang alas kaki yang baik dan wajib kita kenali :

 

Ukuran sepatu
Sudah pasti, ini ukuran alas kaki menjadi faktor utama Anda memilih sepatu atau sandal. Karena itu, bagi Anda yang suka  memilih ukuran sepatu yang satu ukuran lebih kecil dengan tujuan agar kakinya terlihat indah, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu. Karena hal ini dapat menyebabkan kulit kaki mengeras dan lecet.  

Bahan sepatu
Memilih sepatu dengan bahan yang lentur dan tidak kaku adalah pilihan terbaik. Karena bahan sepatu yang kaku akan menyebabkan kaki mudah pegal dan kaki menjadi lecet. Hal ini disebabkan kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa.