Barisan Penantang iPhone 6

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 26 March 2015
Untuk menantang iPhone 6 besutan Apple, HTC meluncurkan HTC One M9, dengan klaim sebagai smartphone pertama yang mengaplikasikan dual tone, kombinasi dual finish untuk bodi ponsel.

HTC One M9 didesain dengan all-metal dual tone finish, berkamera belakang 20 megapiksel, kamera selfie 4 megapiksel, berprosesor Qualcomm Snapdragon 810, 3GB RAM, denghan sistem pengoperasian Android 5.0 Lollipop.

Layar 5 inci Super LCD3 touch screen, mengusung resolusi 1920 x 1080 piksel. Memori internal berkapasitas 32GB dan bisa ditingkatkan hingga 128GB, sementara baterai lithium-on diklaim tahan hingga 20 hari dalam mode standby.

Samsung Galaxy S6 Edge
MWC 2015 menjadi ajang pembuktian dari rakasasa teknologi asal Korsel bahwa mereka tak mengalah begitu saja dengan Apple. Samsung pun merilis seri Galaxy terbaru, yakni Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.

Galaxy S6 mengusung layar 5,1 inch Quad HD (2.560 x 1.440) 577ppi Super AMOLED. Galaxy S6 Edge memiliki fitur serupa namun sedikit lebih berat, begitu juga dimensi dan kapasitas baterai.
Samsung menggunakan desain Galaxy S6 seperti pendahulunya Galaxy S5 Elastoplast, yang merupakan desain band aid yang didominasi logam dan konstruksi kaca. Menurut Samsung, model Galaxy S6 dibuat sangat hati-hati karena terbuat dari logam dan kaca. Dengan bahan ini, pengguna akan lebih mudah menekan tombol. Bagian depan dan belakang smartphone dilindungi Gorilla Glass 4.

Bagian depan dan belakang dilindungi Gorilla Glass 4. Sementara tampilan depan dibuat transparan dengan pola mikro berlapis gelas dan beberapa lapisan bahan nano tipis. Ini memunculkan tekstur visual spektakuler seolah permata. Kedua seri ini ditawarkan dengan beberapa varian warna, mulai dari White Pearl, Black Sapphire, old Platinum, Blue Topaz dan Green Emerald.

Keduanya dilengkapi kamera utama 16MP dan 5MP di depan, dengan lensa f1.9 untuk eksposur cahaya rendah yang lebih baik. Kamera utama menawarkan Auto Real-time High Dynamic Range (HDR), Smart Optical Image Stabilization (OIS) dan IR mendeteksi White Balance. Sensornya 1,6 kali lebih besar dari yang di S5. Pengguna dapat menggunakan aplikasi kamera 0,7 detik lebih cepat, dengan tombol home ganda, yang lebih berguna dari sensor suara.

Samsung membenamkan baterai dan slot kartu micro SD yang tidak dapat digantikan pada produk terbarunya. Pengisian daya secara nirkabel dilakukan melalui WPC dan standar PMA. Mengiusi daya baterai selama 10 menit, diklaim cukup untuk penggunaan aktif selama 4 jam.
Di balik cangkangnya, terbenam prosessor Quad 2.1GHz Quad 1.5GHz + prosesor mobile 14nm dengan platform 64-bit, dengan kapasitas penyimpanan memori 32GB, 64GB, hingga 128GB. Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge akan dipasarkan mulai 10 April 2015.