Oleh: -
Naskah : Andi Nursaiful/berbagai sumber, Foto : Istimewa

Badan SAR Nasional Indonesia mendapat pujian dunia berkat keandalannya menemukan pesawat AirAsia QZ 8501 yang hilang kontak pada 28 Desember 2014 hanya dalam hitungan hari. Di bawah ini adalah daftar pesawat hilang yang belum ditemukan sampai tulisan ini dibuat, termasuk yang hilang sejak puluhan tahun silam. Urutan dibuat berdasarkan jumlah penumpang yang ikut hilang dan masa waktu sejak dinyatakan hilang.


1. Malaysia Airlines Flight MH 370
Inilah salah satu peristiwa musibah penerbangan paling misterius, sekaligus paling mendapat perhatian dunia. Pesawat Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines ini hilang bersama 239 penumpang dan awak kabin sejak 8 Maret 2014. Memicu operasi pencarian skala besar melibatkan 26 negara dengan ratusan pesawat dan kapal pencari.

MH 370 hilang dalam penerbangan dari Bandara Internasional Kuala Lumpur ke Bandara Internasional Beijing. Pesawat terakhir kali kontak dengan pengawas lalu lintas udara kurang dari satu jam setelah lepas landas.

Hingga kini tak ada petunjuk berarti seputar keberadaan bangkai pesawat maupun penumpang dan awaknya, meskipun pencarian telah dilakukan pada wilayah seluas 200.000 kilometer persegi. Pertengahan Desember lalu, tim pencari gabungan (JACC) dilaporkan akan menghentikan pencarian pada Mei tahun ini.


2. Flying Tiger Line Flight 739
Ini adalah pesawat Lockheed L-1049 Super Constellation Lockheed yang disewa oleh militer AS dari maskapaiu Flying Tiger Line. Pada 16 Maret 1962, pesawat mengangkut 93 tentara AS, 3 warga Vietnam Selatan, dan 11 awak, berangkat dari Pangkalan Udara Travis di California menuju Filipina.

Pesawat itu tak pernah tiba di tujuannya (di Filipina) dan menghilang dari radar, dan pilot tidak melakukan panggilan darurat. Pencarian dilakakan di area seluas 520.000 km persegi, melibatkan ribuan tim pencari, namun tak menemukan jejak pesawatnya hingga kini.




3. Boeing C-97C-35-BO Stratofreighter

Pesawat militer milik Angkatan Udara AS (USAF) ini pada Jumat, 22 Maret 1957, lepas landas untuk penerbangan dari pangkalan udara Travis di Wake Island, AS, menuju Tokyo, membawa 57 penumpang dan 10 awak. Pesawat menghilang di radar di atas Samudera Pasifik dan tak pernah ditemukan sampai sekarang. Pesawat terakhir tertangkap radar di 320 km sebelah Tenggara Tokyo.





4. Pakistan International Airlines Flight 404
Pesawat Fokker F27 Friendship nomor penerbangan Flight 404 milik Pakistan International Airlines, 25 Agustus 1989, take off dari bandara Gilgit, Pakistan, menuju ibukota Islamabad.

Pesawat yang membawa 49 penumpang dan lima awak tiba-tiba hilang dari radar sekitar satu jam setelah lepas landas. Pesawat diperkirakan jatuh di pegunungan Himalaya namun jejak pesawat dan keluruhan awak dan penumpangnya tak ditemukan hingga kini.

Pencarian melalui udara digelar selama empat hari, lalu dilanjutkan dengan pencarian di darat oleh militer Pakistan di sekitar pegunungan Nanga Parbat di ketinggian 8.000 mdpl. Semua upaya itu sia-sia dan pencarian dihentikan, terutama karena beratnya medan.