Mobil Hydrogen Segera Mengaspal

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 14 January 2015
Sesungguhnya, pada Maret 2013 silam pabrikan Korea ini sudah mengumumkan akan memproduksi massal sebuah prototipe mobil hidrogen yang diberi nama Hyundai ix35 Fuel Cell. Namun hingga kini, mereka belum memasarkannya.

Hyundai ix35 Fuel Cell bisa disebut Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) produksi massal pertama di dunia. Tahun lalu, Hyundai mengumumkan prototipe mereka sukses mencetak rekor jarak tempuh terjauh untuk sebuah mobil produksi bertenaga hidrogen, dengan menempuh jarak 700 km dan tiga negara dalam satu tanki penuh.

Dalam pengujian, Hyundai ix35 Fuel Cell berhasil melintas dari Oslo (Norwegia) ke Malmo (Swedia) melalui Gothenburg (Swedia) dan Kopenhagen (Denmark). Jalur itu ditempuh dalam 10 jam dengan kecepatan rata-rata 76 km/jam.

Dengan spesifikasi standar pabrik, Hyundai ix35 Fuel Cell berhasil melampaui target 594 km, dengan trip computer masih menunjukkan mobil masih bisa menempuh 10 km lagi saat perjalanan berakhir.
Hyundai sudah menjual 15 unit ix35 ke kota Kopenhagen, dan dua unit ke kota Skane, Swedia. Hyundai pun percaya diri untuk bersaing dengan Toyota dengan rencana memproduksi dan memasarkan 1.000 unit ix35 Fuel Cell tahun ini juga.