Mobil Hydrogen Segera Mengaspal

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 14 January 2015
Naskah : Andi Nursaiful 



Setelah bertahun-tahun hanya mampu memajang konsep, sejumlah pabrikan terkemuka dunia tahun ini akhirnya berhasil memproduksi mobil-mobil berbahan bakar hidrogen dan segera memasarkannya ke konsumen.

Teknologi termaju dalam industri otomotif ini pada dasarnya mengonversi energi kimia dari hidrogen menjadi energi mekanik untuk menjalankan kendaraan. Baik dengan membakar hidrogen dalam sebuah mesin bakar, maupun dengan mencampur hidrogen dan oksigen dalam sistem fuel cell untuk menjalankan motor listrik.
Berbeda dengan bahan bakar fosil, hidrogen bukanlah bahan alami. Hidrogen adalah pembawa/penghasil energi, bukan sumber energi. Ada sejumlah teknologi untuk menghasilkan hidrogen, antara lain dihasilkan dari methane. 

Hidrogen juga bisa diproduksi dari bahan-bahan energi terbarukan, termasuk angin dan sinar surya, tapi prosesnya sangat mahal. Teknologi lebih murah yang terus dalam pengembangan adalah dengan memanfaatkan elektrolisis air. Jepang rupanya terdepan dalam hal ini. Di bawah ini adalah mobil-mobil hidrogen yang tengah diproduksi dan yang segera dipasarkan. Beberapa masih berbentuk konsep terbaru.


*Artikel ini dimuat pada Majalah Men's Obsession edisi 001/Tahun ke-11/Januari 2015