10 Penerbangan Kelas Utama Terbaik Dunia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 23 October 2014
Naskah    : Andi Nursaiful/berbagai sumber
Foto        : Istimewa


Penerbangan kelas satu dunia kini tak lagi sekadar menawarkan kursi lebar dan kabin khusus tertutup tirai. Standar kursi kelas satu dan suite kini termasuk tempat tidur, shower, hingga chef pribadi. Kali ini kami memilih 10 penerbangan kelas satu terbaik dunia.

Urutan terbaik kami dasarkan pada beberapa faktor berdasarkan pemeringkatan para ahli di Flightfox. Antara lain, kenyamanan kursi, menu makanan dan minuman yang disajikan, teknologi, pelayanan, dan tentu saja aura kemewahan.

1.    The Residence dan First Apartment by Etihad
Maskapai milik Uni Emirat Arab, Etihad Airways, benar-benar ingin memanjakan para penumpang istimewanya. Etihad kini menyediakan kelas utama yang tak ubahnya hotel bintang lima.


























The Residence dilengkapi tiga ruangan utama yang terdiri dari private living room, double bedroom serta private shower yang bisa ditempati oleh satu atau dua orang.

Penumpang dilayanai oleh personal Buttler lulusan Savoy Butler Academy di London, serta chef pribadi. Tiketnya seharga USD43,000 pada penerbangan tertentu.  

Selain the Residence, Etihad juga menawarkan suite premium dengan ruangan 74% lebih besar, dinamakan First Apartment. Di sini ruangan dibagi atas lobby, ruang tengah, dua kamar tidur, kamar mandi, hingga studio. Semua didesain oleh desainer mobil Ferrari Poltrona Frau.