Oleh: -
Inisial “L” pada Android versi terbaru yang sempat membuat penasaran akhirnya terungkap resmi pada 15 Oktober lalu, saat Google mengumumkan nama Lollipop untuk sistem pengoperasian (OS) Android 5.0.

Bersamaan dengan itu, di depan markas Google di Mountain View, sudah berdiri sebuah patung maskot Android berwarna hijau yang memegang permen lolipop raksasa di tangan kirinya.

Google memang biasa memajang patung Android yang melambangkan setiap versi OS miliknya di depan gedung 44, mulai dari versi 1.5 “Cupcake” hingga “Lolipop” yang terbaru.

Google meneruskan tradisi penamaan versi OS Android dengan mengambil nama kudapan manis. Android 5.0 pertama kali diperkenalkan dalam konferensi Google I/O, Juni lalu, dengan nama inisial “L”. Lollipop melakukan debut perdana di smartphone Nexus 6, tablet Nexus 9, dan Nexus Player untuk Android TV.




Tampilan Android versi terbaru ini, Google menghadirkan animasi yang lebih halus dan warna lebih menarik. Mereka menyebutnya Material Design. Ada sejumlah fitur baru yang bisa dimanfaatkan developer aplikasi untuk mengkreasikan berbagai aplikasi baru. Ada pula perbaikan bagian notifikasi dan fitur power saving.

Beberapa fitur yang telah diimplementasikan oleh pengembang perangkat di custom UI mereka juga ada yang diadopsi oleh Google sebagai fitur standar di Android baru ini. Lollipop sudah mendukung prosesor 64-bit seperti Snapdragon 808 dan 810.

Untuk fitur asisten pribadi Google Now yang tampak usang ketika ada Siri (Apple) dan Cortana (Windows), Lollipop kini memungkinkan Google Now dapat terhubung ke aksesori/perangkat wearable dan perangkat pintar lainnya. Google juga mengklaim sistem keamanan data memungkinkan perlindungan pengguna dari resiko peretasan. Pul