Mobil SUV Jadi Favorit di IIMS 2014

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 29 September 2014
Tiga model kendaraan di kelas SUV menjadi mobil favorit di ajang IIMS 2014. Terfavorit diduduki SUV All New Nissan X-Trail, sementara posisi kedua dan ketiga, masing-masing ditempati mini SUV Honda HR-V, dan Compact SUV SUbaru XV. Ini menunjukkan bahwa model-model SUV dengan segala variannya masih sangat diminati di Indonesia.

Di hari terakhir penyelenggaraan IIMS 2014, JIExpo Kemayoran Jakarta masih terus dipadati pengunjung IIMS yang ingin melihat berbagai mobil terbaru yang dipamerkan sehingga aliran pengunjung tak henti-henti memadati area pameran dari pagi hingga malam.

Total pengunjung selama sepuluh hari pameran tercatat telah mencapai 311.405 orang. Membludaknya pengunjung juga didorong oleh berbagai atraksi dan hiburan yang digelar para exhibitor yang seakan berlomba menyuguhkan yang terbaik demi menarik pengunjung ke booth mereka.

Hingga hari terakhir, Minggu 28 September 2014, beberapa program unggulan IIMS juga masih terus berlangsung, seperti Test Drive, Hot Wheels Race & Festival, serta All Wheel Drive Challenge. Selain itu, pada Sabtu (27/09) ada acara jumpa idola dengan pembalap nasional, Rifat Sungkar dan Rio Haryanto di booth Pertamina.

IIMS Street Show Off yang digelar oleh Signal Kustom dan Dyandra Promosindo juga masih memamerkan mobil-mobil modifikasi karya Signal, serta mobil modifikasi hasil Live Mural Art yang dilakukan lima hari tanpa henti menggunakan spidol permanen. Setelah pengerjaan desain selesai, perwakilan dari Renault Indonesia serta sponsor lainnya membubuhkan tandatangan di atas karya seniman urban Yudi Andhika tersebut.

Acara Closing Ceremony yang digelar oleh panitia IIMS untuk para exhibitor juga berlangsung meriah. Bertempat di Ruang Semeru, Gedung Pusat Niaga, JIExpo Kemayoran, acara penutupan pameran IIMS dihadiri oleh perwakilan dari GAIKINDO, APM, serta para exhibitor lainnya. Dalam acara penutupan tersebut, Freddy Sutrisno, Sekretaris Jenderal GAIKINDO, menyampaikan apresiasinya kepada para APM dan seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan IIMS 2014 ini sehingga dapat berjalan sukses dan lancar.

“Pameran kali ini menggunakan lahan yang lebih luas 10% dibandingkan dengan tahun lalu yaitu 83.137 m². Jumlah peserta yang terlibat ada 36 merek kendaraan, terdiri dari 29 merek kendaraan penumpang dan 7 merek kendaraan niaga, serta 286 perusahaan industri pendukung. Total mobil yang dipajang sebanyak 432 unit, dan 23 unit sepeda motor, dengan total booth sebanyak 322 buah. Selain itu, ada 1.030 jurnalis yang terdaftar, termasuk 35 jurnalis asing,” jelas Freddy.
 
Panitia juga memberikan apresiasi kepada empat APM yang ikut serta pada program kunjungan siswa ke pabrik APM (Students Visit to Assembly Plant) yang merupakan program pre-event IIMS 2014. Apresiasi diberikan kepada PT Suzuki Indomobil Sales, PT Mercedes-Benz Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, dan PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Pada Closing Ceremony semalam, sekaligus dilakukan pengumuman para pemenang kompetisi mulai dari Favorite Car, Favorite Booth > 1.300 m2, Favorite Booth 1000 - 1.300 m2, Favorite Booth < 1000 m2, Favorite Booth Outdoor Area, serta Miss Motor Show 2014.

Untuk mobil favorit pilihan pengunjung IIMS 2014, pemenangnya adalah All New Nissan X-Trail, disusul oleh Honda HRV di tempat kedua, dan Subaru XV di posisi ketiga. Untuk booth favorit kategori > 1.300 m2 pemenangnya adalah PT Honda Prospect Motor, PT Toyota Astra Motor, dan PT Astra Daihatsu Motor.

Kategori booth 1000 - 1.300 m2 berhasil dimenangkan oleh PT BMW Indonesia, PT Mazda Motor Indonesia, dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (Mitsubishi). Kategori booth favorit  < 1000 m2  dimenangkan PT BMW Indonesia (MINI), PT Mercedes-Benz Indonesia, dan PT Garasindo Inter Global.

Sedangkan untuk kategori booth outdoor, yang menjadi favorit pertama adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (Mitsubishi Fuso), disusul oleh PT Hino Motors Sales Indonesia, dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Sementara itu, ‘Miss Motor Show 2014’ yang diumumkan semalam menobatkan Febrizky dari Daihatsu sebagai ‘Miss Motor Show 2014’, dan Runner up I diraih oleh Intan Debby dari Toyota serta Runner up II dimenangkan oleh Jennifer dari Ford. Finalis dari Honda, Lilis, berhasil menjadi Miss Favorit, dan Ismi Iskandar dari Chevrolet terpilih sebagai Miss Photogenic.

Miss Congeniality dipegang oleh Ratih dari Mercedes-Benz dan Miss Automotive menjadi milik Nadira dari Suzuki.* “Penyelenggaraan Miss Motor Show bukan hanya sebagai pendukung semata, tetapi juga memberikan kontribusi sebagai salah satu acara yang menarik yang ditunggu pengunjung,” tutur Abiyoso Wietono, Manager Divisi Otomotif Dyandra Promosindo. ***
 
Pemenang Kompetisi IIMS 2014

Favourite Car IIMS 2014
1. All New Nissan X-Trail
2. Honda HR-V
3. Subaru XV

Favourite Booth (> 1.300 m2)
1.PT Honda Prospect Motor
2.PT Toyota Astra Motor
3.PT Astra Daihatsu Motor

Favorite Booth (1000 - 1.300 m2)
1.PT BMW Indonesia
2.PT Mazda Motor Indonesia
3.PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (Mitsubishi)

Favourite Booth (< 1000 m2)
1.PT BMW Indonesia (MINI)
2.PT Mercedes-Benz Indonesia
3.PT Garasindo Interglobal

Favourite Booth Outdoor Area
1.PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (Mitsubishi Fuso)
2.PT Hino Motors Sales Indonesia (Hino)
3.PT Isuzu Astra Motor Indonesia (Isuzu)

Miss Motor Show 2014
1.Febrizky (Daihatsu)
2.Intan Debby (Toyota)
3.Jennifer (Ford)

Miss Photogenic Ismi Iskandar (Chevrolet)

Miss Congeniality Ratih (Mercedes-Benz)

Miss Favourite Lilis (Honda)

Miss Automotive Nadira (Suzuki)