Its Phablets Time

Oleh: content (Administrator) - 01 February 2013

Naskah    : Andi Nursaiful

 

Data menunjukkan, jumlah phablet yang dipasarkan untuk 2013 berlipat ganda dibanding tahun lalu. Tahun ini benar-benar menjadi tahun milik phablet, perangkat hasil perkawinan smartphone dan tablet.

Phablet adalah terminologi baru di dunia gadget, yang merupakan singkatan dari smartphone dan tablet. Istilah tidak baku ini digunakan untuk mengkategorikan perangkat hibrid dengan layar berukuran 5-7 inci. Di bawah 5 inci, berarti masih kategori smartphone, dan di atas 7 inci sudah masuk kategori tablet.

Phablet umumnya memiliki kemampuan laiknya sebuah smartphone dan tablet sekaligus, dan sering dibekali perangkat stylus. Pelopor phablet pertama adalah Dell Streak, yang diluncurkan pada Juni 2010. Namun popularitas phablet dimulai ketika Samsung meluncurkan Galaxy Note dan Galaxy Note II pada akhir 2011, yang kemudian disusul oleh LG dengan Optimus Vu.

Dalam perhelatan Consumer Electronics Show (CES) 2012 di Las Vegas, Januari 2012, Samsung menunjukkan kehebatan phablet Galaxy Note. Salah satunya, menjadikan phablet tersebut sebagai media bagi seniman karikatur untuk menggambar sketsa wajah. Sebuah aktivitas yang dulunya sulit dilakukan oleh smartphone ataupun tablet yang sudah ada. Bulan itu juga, tercatat 5 juta unit Galaxy Note terjual, dan meningkat dua kali lipat menjadi 10 juta unit pada Agustus 2012.

Untuk melakukan aktivitas-aktivitas itu di sebuah tablet yang berukuran 10 inci, misalnya, tentu juga lebih merepotkan. Maka pilihan terbaik adalah, menggunakan perangkat yang menggabungkan keduanya (smartphone dan tablet), yaitu phablet. Berikut ini beberapa phablet terbaru yang sudah dan akan segera eksis di pasar:

• Samsung Galaxy Grand (Layar 5 inci dengan Android 4.1.2)
• ZTE Nubia Z5 (layar 5 inci, Full HD, snapdragon S4 Pro quad-core 1.5 GHz)
• Huawei Ascend D2 (layar 5 inci, Quad core 1.5 GHz, Android 4.1 Jelly Bean)
• Lenovo K5 (Layar 5,5 inci dengan Intel Atom Merrifield Dual Core)
• HTC Butterfly (layar 5 inci, Full HD, Android 4.1 Jelly Bean)
• LG Optimus G2 (layar 5 inci, Full HD, Snapdragon S4 quad core.5 GHz)
• Sony Xperia Z (Layar 5 inci, dengan Bravia Reality Display dan Bravia Engine 2)
• Acer Inconia B1-A71 (Layar 7 inci, dual-core 1.2GHZ, Android Jelly Bean)