Medan Perang Smartphone dan Smartwatch

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 18 August 2014
Samsung Galaxy Note 4
Generasi terbaru dari phablet andalan Samsung, Galaxy Note 4 dikabarkan tak lama lagi akan diluncurkan.

Kepastian itu diperoleh setelah pihak Samsung menyebar undangan bertajuk “Samsung Unpacked 2014 Episode 2” yang akan berlangsung pada 3 September 2014. Tanggal itu, bersamaan dengan gelaran IFA 2014 di Berlin, Jerman.

Namun dalam undangan tersebut disebutkan bahwa “Unpacked Episode 2” akan digelar secara bersamaan di tiga kota besar. Yakni Berlin di Jerman, Beijing di China, dan New York di Amerika Serikat.

Acara jelang akhir tahun ini diyakini khusus diselenggarakan Samsung untuk memperkenalkan Galaxy Note 4. Buktinya, gambar yang disebar Samsung memperlihatkan tampilan sketsa menu Air Command yang biasa tersedia di Galaxy Note. Selain itu, ada tulisan “Ready? Note the date!” sebagai indikasi perkenalan generasi teranyar Galaxy Note.

Bocoran menyebutkan, Galaxy Note masih menggunakan layar 5,5 inci dengan kualitas quad high definition (QHD), sensor kamera 16 megapiksel (MP) ISOCELL dan pilihan prosesor Snapdragon Exynos 805 atau Exynos 5 Octa SoC (disesuaikan pasar yang dituju).

Ada juga kabar bahwa Galaxy Note 4 akan mengusung kemampuan anti air. Bahkan ada kabar yang mengatakan kalau Samsung Galaxy Note 4 bakal hadir dengan dua versi layar berbeda. Versi pertama adalah yang menggunakan layar datar, sedangkan versi khusus dilengkapi layar Youm dengan tigi sisi layar lengkung.

Layar Youm merupakan teknologi layar yang memanfaatkan teknologi layar fleksibel OLED (Organic Light Emiting Diode). Layar tersebut dapat melengkung, anti pecah, dan dapat digulung layaknya sebuah kertas. Penggunaan layar Youm pada Samsung Galaxy Note 4 sudah diprediksikan sejak lama, karena Samsung menjanjikan desain yang berbeda pada seri tersebut.

Untuk konektivitas, Samsung melengkapi Note 4 tersebut dengan jaringan LTE, NFC, Wifi, Infrared, dan Usb Host. Konon, dilengkapi RAM berkapasitas sangat besar berukuran 4 GB. Sekadar info, tanggal 3 juga menjadi tanggal peluncuran ponsel andalan barunya, Xperia Z3.

Sony Xperia Z3
Seperti Note 4 milik  Samsung, smartphone canggih Xperia Z3 besutan Sony Mobile adalah perangkat gadget yang paling ditunggu kehadirannya. Sudah dikabarkan bahwa flagship terbaru Sony Mobile yang akan apple to apple dengan Samsung Galaxy Note 4 itu akan diperkenalkan pada 3 September.

Sebuah dokumen yang bocor ke pers menyebutkan, Xperia Z3 akan memiliki nomor model SGP621. Disebutkan bahwa phablet yang Xperia Z3 bernomor model SGP621 akan dilengkapi dengan konektifitas LTE.

Belajar dari pengalaman lalu, pernah terungkap juga nomor model  SGP321 yang kemudian dikenal sebagai Xperia Z Tablet dan SGP521 sebagai Xperia Tablet Z2.

Bocoran lain dari Evleaks, menyebutkan, Xperia Z3 akan ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 801 2,4GHz quad-core. Ini berarti ada kenaikan dibandingkan Xperia Z2 yang juga sudah Snapdragon 801 tapi 2,3GHz.
 
Evleaks juga menyebutkan bahwa Xperia Z3 akan disemati sistem operasi mobile Google Android 4.4 Kitkat dengan RAM 3GB, storage internal 16GB, dan kamera 2,1MP dan 20,7MP. Untuk kamera, berarti sama dengan yang ada di Xperia Z2.
 
Dari bocoran foto-foto yang beredar, Xperia Z3, boleh jadi akan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pendahulunya, Z2. Dalam gambar yang dilansir oleh Phone Arena, Xperia Z3 tampak berukuran kurang lebih sama Galaxy Note, yaitu bentang layar 5,3 inci.

Terlihat juga bahwa Xperia Z3 memiliki desain yang sangat mirip dengan Xperia Z2. Hanya saja, pemosisian sepasang speaker di bagian mukanya sedikit berbeda. Dalam foto yang menampilkannya dari beberapa sisi itu, ponsel kelas atas ini tampak memiliki sisi-sisi samping yang lebih membulat dibanding pendahulunya. Pul

Apple iPhone 6
Setelah kehadiran iPhone 5S dan iPhone 5C tahun lalu, kehadiran iPhone 6 kini dinantikan para penggemar ponsel besutan Apple. Seperti dilansir Theinquirer, rumor mengenai kemunculan iPhone 6 sudah beredar di internet. Informasi ini santer memberitakan iPhone 6, mulai dari bodi atau fisik hingga waktu dirilisnya produk anyar tersebut.

Rumor menyebutkan, melihat peluncuran iPhone 5S dan 5C pada September tahun lalu, maka iPhone 6 kemungkinan akan diluncurkan pada September 2014. iPhone 6 diharapkan tersedia satu pekan setelah tanggal rilisnya.

Menurut laporan sumber dari Jepang, Nikkei, pemasok panel LCD untuk iPhone Apple terbaru mengungkap bahwa pihak manufaktur memulai membuat bagian sensor seperti sidik jari dan chip untuk liquid-crystal drivers.

Produksi massal panel LCD akan dimulai kuartal kedua, April 2014, di pabrik Sharp's Kameyama. Untuk spesifikasi, kabarnya iPhone 6 akan diluncurkan dengan dua versi, 4,7 inci dan 5,5 inci yang tampil dengan layar fleksibel mirip LG G Flex.

Lenovo Vibe Z2 Pro
Sekian lama dirumorkan, akhirnya Lenovo resmi meluncurkan perangkat andalan terbaru bernama Vibe Z2 Pro. Seperti yang diharapkan sebelumnya, perangkat baru besutan vendor asal China ini sudah dibekali layar 6 inci 2K.

Beroperasi di atas sistem pengoperasian (OS) Android 4.4 Kitkat, Lenovo Vibe Z2 Pro didukung oleh chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 801 (MSM8974AC), dengan kekuatan CPU quad-core 2.5GHz Krait 400, RAM 3GB, GPU Adreno 330, dan memori internal 32GB tanpa slot kartu microSD.

Andalan terbaru Lenovo ini menggunakan cangkang berbahan logam, dengan kapasitas baterai 4,000mAh. Pada bagian belakang dibenamkan kamera 16MP dengan kemampuan optical image stabilization, dual LED dan kualitas merekam video 4K.

Berjalan pada jaringan LTE, Lenovo Vibe Z2 Pro dibekali dengan dua SIM tray micro-SIM. Vibe Z2 Pro diharapkan akan dipasarkan pada bulan September. Ponsel yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 9,5 jutaan ini dapat dipilih dalam tiga warna pilihan warna hitam, emas, dan putih. Pul