5 BUMN Kebanggaan Negeri

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 13 August 2014
Naskah: Sahrudi, Foto: Dok. Antam

Visi 2020 PT ANTAM (Persero) Tbk (ANTAM) untuk menjadi korporasi global berbasis pertambangan dengan pertumbuhan sehat dan standar kelas dunia, terus memicu perusahaan tambang milik negara ini untuk menunjukkan kinerja terbaiknya.

Setelah menjadi pionir dalam pembangunan pabrik pengolahan mineral di dalam negeri, saat ini ANTAM juga sedang membangun beberapa pabrik pengolahan mineral lain sebagai salah satu upaya ekspansi perusahaan sekaligus memberikan nilai tambah bagi bangsa dan negara Indonesia.


Tahun 2014 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi ANTAM. Perusahaan dihadapkan pada sejumlah kondisi, seperti harga komoditas yang turun serta pemberlakuan larangan ekspor mineral mentah. Kondisi-kondisi tersebut membuat perusahaan harus menyiapkan strategi untuk tetap survive dan meneruskan beberapa proyek pengembangan strategis yang saat ini tengah berjalan.

Setidaknya ada empat inisiatif dan strategi utama ANTAM untuk mengantisipasi tantangan-tantangan tersebut. Yang pertama adalah peningkatan produksi/penjualan komoditas utama ANTAM yaitu peningkatan penjualan feronikel di tahun 2014 menjadi 19.700 ton nikel dalam feronikel (TNi) atau naik 36% dibandingkan realisasi tahun 2013.

Selain itu, ANTAM juga berupaya untuk meningkatkan penjualan emas dan juga batubara. Khusus untuk mendukung penjualan emas, sejak tahun 2013 ANTAM telah membuka 9 Butik Emas Logam Mulia (LM) di Jakarta, Surabaya (2 outlets), Palembang, Bandung, Makassar, Banjarmasin, Semarang, dan Balikpapan.

Insiatif yang kedua adalah percepatan realisasi proyek-proyek pertumbuhan. Saat ini ANTAM memiliki beberapa proyek pertumbuhan strategis untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Proyek-proyek tersebut adalah Proyek Pengembangan Chemical Grade Alumina (CGA) Tayan, Proyek Perluasan Pabrik Feronikel Pomalaa (P3FP), Proyek FeNi Halmahera Timur, Proyek Smelter Grade Alumina (SGA) Mempawah, Proyek Nickel Pig Iron (NPI) dan Stainless Steel (SS) Mandiodo, Proyek Anode Slime, serta Proyek Nickel Mixed Hydroxide (NMH).