5 BUMN Kebanggaan Negeri

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 13 August 2014
Naskah: Sahrudi/dari berbagai sumber, Foto: Dok. BRI

Salah satu misi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) yang terus melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat, dibuktikan dengan komitmennya di awal tahun ini.
Hal itu terlihat dari pertumbuhan pinjaman mikro BRI. Hingga kuartal I-2014, kredit mikro BRI mencapai Rp 135,8 triliun atau tumbuh sebesar  21 persen.


Kenaikan itu, tentunya juga ditunjang oleh peningkatan jumlah debitur mikro sebanyak 1 juta orang. Jika dibanding kuartal-I tahun 2013, dari 5,7 juta debitur menjadi 6,7 juta debitur pada kuartal I tahun 2014.
Ekspansi infrastruktur itu juga ikut mendorong peningkatan simpanan mikro BRI menjadi sebesar Rp 144,7 triliun pada kuartal yang sama. Dibanding tahun sebelumnya naik sebesar Rp 20,7 triliun. Komposisi dana mikro yang dihimpun juga sangat bagus, yaitu 87,4 persen merupakan tabungan, 11,4 persen deposito dan 1,2 persen giro.

Tinginya kualitas kinerja mikro itu tentunya tak lepas dari tumbuhnya jumlah Teras BRI Ekspansi infrastruktur tersebut, terutama ditujukan untuk melakukan penetrasi yang lebih dalam di segmen mikro dengan membuka Teras BRI di pasar tradisional dan pusat-pusat keramaian. Per Maret 2014, Teras BRI tercatat sebanyak 2.673 unit atau meningkat sebanyak 519 unit dari periode yang sama di tahun lalu.

Ke depan, BRI akan tetap fokus pada peningkatan kinerja mikro. Hal ini dilakukan sejalan dengan cita-cita Bank BRI untuk selalu membangun dan memperkuat segmen mikro nasional melalui pembangunan infrastruktur, serta mengoptimalkan potensi-potensi penyerapan dana pihak ketiga.