Halal Destinations 2014

Oleh: Syulianita (Editor) - 24 July 2014
• HalalTrip.com
Situs ini mengklaim sebagai situs pertama di dunia yang mampu menyajikan fitur dan layanan panduan terlengkap untuk para turis muslim dunia. Informasi di dalam situsnya mencakup direktori global restoran halal dan panduan kota di seluruh dunia.

Situs ini mulai tayang Desember 2013 lalu, ini, menawarkan berbagai fitur bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan sesuai aturan Islam, termasuk dalam pilihan makanan.

HalalTrip menjual tiga jenis layanan wisata kepada turis Muslim secara online, antara lain, pemesanan tiket pesawat, hotel, dan paket tur. Ketiga layanan itu dikerjasamakan dengan situs online wisata seperti Wego untuk penerbangan, Booking.com untuk hotel, dan Kuoni untuk paket wisata.

Pengguna HalalTrip utamanya berasal dari Asia Tenggara, Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat. Rencananya, situs akan dilengkapi bahasa Arab dan Perancis. Ke depan, situs ini juga akan mendukung pengguna Indonesia dan Malaysia.
Situs ini dibeli Crescentrating dari pemiliknya di Austria pada Juni 2013 lalu, lalu kembali diluncurkan dengan berbagai fitur baru, termasuk fasilitas pemesanan untuk hampir 400.000 hotel, penerbangan, dan paket wisata.

• Lagisatu.com
Dari Malaysia, sebuah situs perjalanan online sejak beberapa waktu lalu mulai meluncurkan opsi pemesanan hotel yang bertujuan membantu wisatawan muslim menemukan akomodasi yang halal.

LagiSatu.com menambahkan fitur mesin pencari yang akan membantu wisatawan muslim menemukan hotel halal, dengan menggandeng HalalStars.com, direktori 20.000 properti di seluruh dunia yang telah terdaftar dan diberi nilai berdasarkan layanan dan fasilitas yang memenuhi kebutuhan muslim. Untuk mencari hotel halal, pengguna hanya perlu mencontreng kotak HalalStars.

Selain memenuhi persyaratan makanan, pemenuhan kebutuhan perjalanan muslim dapat antara lain berupa penyediaan musala, sajadah, layanan sahur selama bulan Ramadhan, hotel yang ramah buat keluarga, bebas alkohol, dan area kebugaran dan perawatan tubuh yang terpisah untuk perempuan.

• Halalbooking.com
Sebetulnya inilah situs pertama yang memfokuskan diri pada layanan bagi pelancong muslim. Sekelompok profesional muslim dalam industri pariwisata di Singapura membentuk HalalBooking®, merek dagang di bawah perusahaan Crescent Tours Ltd.

HalalBooking® menawarkan akomodasi dan layanan wisata halal, mulai dari resor, hotel, spa, dan vila mewah dari seluruh dunia. Mereka menjamin semua fasilitas akomodasi yang ditawarkan benar-benar berdasarkan syariat Islam, alias halal. Fasilitas kolam renang, pantai, dan spa yang memisahkan pria dan wanita, semua program hiburan sesuai norma Islam, dan tak ada alkohol.

• Balimuslim.com
Pulau Bali sampai kini masih menjadi tujuan wisata utama turis mancanegara di Indonesia. Bagi turis muslim yang hendak berlibur ke Bali, daerah yang dikenal kuat dengan kultur Hindu, kini sudah ada pusat informasi muslim, masjid, restoran halal hingga paket tur Islami di Bali.

Bedanya, Balimuslim.com tak menyediakan fitur online booking seperti ketiga situs di atas. Situs ini tidak berjualan, alias nonprofit, dan lebih banyak menyediakan informasi. Untuk pemesanan, mereka meneruskan ke situs hotelcombined.com.