Felly Estelita: Saat Politik Menggelitik

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2014
Naskah : Suci Yulianita Foto : Sutanto

Dunia politik di mata sosok satu ini, bukanlah soal kekuasaan dan uang semata, namun lebih kepada pengabdian demi kesejahteraan masyarakat. Untuk itulah, ketika diajak bergabung ke ranah politik, Felly Estelita tak menampik. Meski ia mengaku dunia politik merupakan dunia yang sama sekali tidak pernah terbersit dalam mimpinya.

Kalau saja ia tak peduli dengan masyarakat, mungkin Felly hanya akan menekuni kegiatannya sebagai pebisnis dimana materi dengan mudah bisa dicari. Tapi, hatinya tersentuh ketika banyak orang mendorongnya untuk berbuat sesuatu yang lebih besar pada masyarakat. “Bagaimana bisa membantu masyarakat kalau hanya menjadi seorang pengusaha..!” ya, ya, begitu banyak harapan yang disuarakan masyarakat Sulawesi Utara kepadanya. Suara rakyat yang terus menggelitik batinnya itulah yang kemudian mengantarkannya ke dunia politik. “Dari situ saya tergerak untuk berpolitik,” Felly membuka cerita tentang awal mulanya ia mau berkutat menjadi wakil rakyat.

Sejatinya ia adalah seorang pengusaha di bidang kontraktor dan developer, khusus pengembang perumahan rakyat kecil. “Kenapa fokus ke perumahan rakyat, karena saya memang bercita-cita bisa menyejahterakan rakyat,” ucap mantan Ketua Kadin Minahasa Selatan ini. Di lingkungan organisasi inilah, cikal bakal bakatnya sebagai politisi mulai terisi. Ditambah dengan kesukaannya blusukan alias terjun langsung ke lapangan serta melihat kondisi masyarakat secara riil yang menurutnya masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Padahal, begitu banyak potensi daerah yang masih bisa digali untuk menyejahterakan rakyat. Dari situlah akhirnya ia mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi utara pada pemilu 2009 lalu.

Semangatnya dalam memperjuangkan daerah dan masyarakatnya begitu kuat. Pada Pemilu Legislatif 2014 lalu, ia terpilih kembali menjadi anggota DPRD RI melalui Partai Nasional Demokrat (NasDem). Di mata ibu dua putra ini, Partai NasDem merupakan kendaraan yang sangat tepat untuk dirinya. Ia melihat sosok dari pemimpin partai ini yang memiliki semangat kebangsaan tinggi dan visi misi yang jelas.

“Karena semua itu kan harus dimulai dari pemimpinnya. Kalau pemimpinnya setengah-setengah, maka ke bawahnya juga akan seperti itu. Dan saya melihat semangat Pak Surya Paloh, semangat kebangsaannya. Selain itu, beliau juga tidak memandang ras, suku, dan agama. Itu yang saya suka, sampai akhirnya mengambil keputusan untuk masuk Partai NasDem, meskipun banyak tawaran dari partai lain,” ceritanya sembari menyeruput minuman kesukaannya, Hot Chocolate.

Sebagai seorang politisi wanita, Felly mengaku tidaklah mudah mengemban jabatan ini. Begitu banyak pergumulan batin, masalah-masalah, hingga ancaman-ancaman dari berbagai pihak, “tapi saya tidak peduli! Karena fokus saya hanya satu, yakni membantu masyarakat terutama masyarakat yang ada di sekitar kita,” tegasnya.

Melalui partai NasDem, ia juga berharap bisa memperjuangkan restorasi dalam bidang pendidikan, dan sumber daya alam yang mencakup pertanian, perkebunan, dan kelautan. Ia menyadari betapa kayanya sumber daya alam yang dimiliki Sulawesi Utara, hanya saja kurang dikelola dengan baik. Selain itu, Felly juga menyayangkan adanya sistem, peraturan dan persyaratan yang cukup rumit untuk para investor yang mau masuk ke daerahnya itu, sementara rakyat butuh lapangan pekerjaan yang saat ini masih belum memadai.

Ke depan, wanita tinggi semampai ini, masih memiliki mimpi-mimpi besar yang lagi-lagi bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Yakni, ia ingin kelak bisa memiliki sebuah sekolah berkualitas, yang bisa menciptakan bibit-bibit unggul, dan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Selain itu, masih dalam ranah politik, ia ingin menjadi Bupati Minahasa Selatan, dan berencana akan kembali bertarung pada pemilihan 2015 mendatang. “Semua tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat. Saya ingin menjadi Bupati karena banyak yang ingin saya benahi. Begitu banyak saudara-saudara kita yang saya lihat dengan mata kepala sendiri, mereka tidak bisa sekolah,” bebernya dengan penuh prihatin.


Fellygrafi:
Nama Lengkap Felly Estelita Runtuene Lahir 11 Februari 1971 Profesi Politisi (Anggota DPRD RI Sulawesi Utara) Pendidikan Manajemen Ekonomi STIE IBEK Jakarta Tinggi/Berat 165cm/53kg

*artikel ini dimuat pada majalah Men's Obsession, edisi Juni 2014