Oleh: -
Sepintas wanita ini layaknya ibu rumah tangga biasa nan sederhana yang dalam kesehariannya mengasuh empat buah hatinya dan berkutat dengan urusan dapur. Padahal, Anita Rosana Dewi adalah istri dari mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir. Dialah yang setia mendampingi sang suami hingga ke puncak karier politiknya.

Bahkan, ia rela kediamannya menjadi tamu bagi semua orang. Ya, sebagai istri seorang politisi, Anita Bachir, demikian ia biasa disapa, sudah memahami kediamannya tidak pernah sepi, terbuka 24 jam bagi para tamu dari berbagai kalangan, terutama bagi kader PAN.

Sebelum menikah, dan sebelum sang suami terpilih sebagai Ketua Umum PAN, Anita Bachir adalah pebisnis ulung di bidang pakaian dan sejenisnya. Dalam berbisnis, ia memegang empat filosofi, yakni jadilah pebisnis yang baik, benar, jujur dan profesional, jadilah pemimpin yang bisa menjadi tauladan, dan bisa asih, asah, asuh terhadap karyawan, jadilah pejuang yang gigih, dan penuh perhitungan serta tanggung jawab, dan jadilah hamba Allah yang saleh dan tidak lupa diri.

Namun, setelah menikah Anita Bachir rela melepaskan sepenuhnya kegiatan bisnisnya. Ia sadar terutama sejak Soetrisno Bachir dipercaya menjadi orang nomor satu di PAN. Selain itu, alasan lain dirinya berhenti total dari bisnisnya adalah empat buah hatinya menjadi prioritas. Adapun hubungan ia dengan anak-anaknya terbilang unik. Kadang kala ia menempatkan diri sebagai seorang ibu yang tegas, sekali waktu bisa menjadi guru yang sabar, di saat lain mampu menjadi sahabat dan kakak bagi anak-anaknya.

Saat Soetrisno Bachir menjadi Ketua Umum PAN, ia harus pandai-pandai menempatkan diri dan menjalankan fungsinya. Kepada suami dan anak-anaknyalah, ia mencurahkan hidupnya sepenuh hati.

Anitagrafi:
Nama Lengkap Anita Rosana Dewi Lahir Jakarta, 25 Februari 1966 Pendidikan Akademik Teknik Komputer (sekarang Binus), International Europe University (IEU) – sekarang Kampus Emas Indonesia Esa Unggul Keluarga Soetrisno Bachir (suami), Meisya Prasanti, Layaliya Nadhira Putri, Tsalisa Putri, Muhammad Izzan (putra/i) Hobi Membaca, Olah raga


*Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi Juni 2010