68 Tahun Kodam III/Siliwangi, Tetap Berkhidmat Bersama Rakyat

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 22 May 2014
Kedekatan dan keakrabannya dengan rakyat itu juga yang membuat ia tak pernah henti untuk meningkatkan kinerja prajurit agar selalu membantu rakyat. Hal itu ditandai dengan saratnya aksi kerakyatan yang dilakukan Kodam III/Siliwangi untuk rakyat. Mulai dari bakti sosial, membantu korban bencana alam, membantu menjaga dan melindungi keamanan rakyat, serta membantu upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan langkah Kodam dalam berkiprah untuk pembangunan fasilitas umum dan sosial.

Karena itu, jangan heran kalau panglima satu ini tak hanya selalu berada di tengah pasukan, karena kerap ia bisa juga berada di pengajian, pertemuan tokoh lintas agama, diskusi dengan kalangan mahasiswa dan akademisi, seniman, atlet, menemui rakyat kecil di pelosok kampung, hingga bercengkerama dengan komunitas motor cross dan jeep off road.

Satu terobosan yang dilakukannya adalah melakukan pembinaan teritorial kreatif. Misalnya dengan melakukan fun bike bersama Kapolda, dan masyarakat pada hari Minggu pagi di empat titik tempat rekreasi warga. “Setiap hari Minggu itu ada satu peleton anggota kami yang melakukan rekreasi bersama dengan warga, kadang saya bersama Kapolda bersosialisasi bersama-sama, kadang bagi-bagi paket, ada hiburan, Alhamdulillah komunikasi dengan warga berjalan baik,” jelas Pangdam III/Siliwangi.

Tak jarang pula dalam beberapa kesempatan Pangdam III/Siliwangi juga menyambangi para pejuang Jawa Barat yang masih hidup, seperti pelaku sejarah pertempuran Bojong Kokosan. Hal itu sesuai dengan prinsip bahwa TNI selalu menghargai pejuang-pejuang bangsa dan berusaha untuk meneruskan dan berbuat yang sama terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pejuang bangsa dalam merebut, mempertahankan sampai mengisi kemerdekaan sekarang ini.