Fitriani Hamzah: Kisah Inspiratif Sang Resepsionis

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 14 March 2014
Banyak kisah orang yang memulai usahanya dari hal-hal sangat sederhana. Dengan kerja keras, ketelatenan, optimisme, dan belajar tak kenal lelah, mereka bisa mencapai tangga kesuksesan.

Salah satunya adalah Fitriani Hamzah, pemilik PT Radinas Eka Saputra yang kini memiliki ratusan karyawan yang tersebar di berbagai restonya di Jabodetabek.


Menengok ke belakang, perjalanan hidupnya cukup berliku. Dalam usia relatif muda, 23 tahun, Fitri harus membesarkan dua anaknya seorang diri. Maklum, kala itu ia memutuskan untuk menjadi single parent bagi Rangga Dinastri dan Kresna Ekalaya.

Berbekal kerja keras sebagai sekretaris di sebuah perusahaan swasta, dengan telaten Fitri membesarkan Rangga dan Kresna. Meski penghasilannya tidak begitu besar, ia tidak pernah mengeluh.

Begitu juga ketika bekerja sebagai resepsionis yang tentu saja penghasilannya pas-pasan. Tetapi, ia yakin Tuhan tidak akan membiarkan hamba-Nya terus menangis, terlebih bagi mereka yang bekerja keras.

Keyakinan itu pula yang membuat Fitri mencari terobosan untuk menambah penghasilannya setiap bulan. Ia berharap jumlah pundi-pundi rupiahnya cukup untuk menyekolahkan kedua anaknya hingga ke jenjang paling tinggi. Perlahan ia pun mulai mencari sumber penghasilan baru untuk menutupi biaya hidupnya yang terus menanjak. “Awalnya saya menjadi penyuplai ATK di kantor. Kemudian merembet ke servis AC, sewa tanaman, hingga percetakan,” kenangnya.

Dari sini kemampuan melobi dan membangun networking mulai terasah. Untuk mendapatkan satu proyek, ia harus bekerja keras untuk bisa meyakinkan bagian logistik dan administarsi bahwa ia sanggup memberikan yang terbaik dengan harga kompetitif. Ia juga terus memperkuat jaringan sehingga bisa bersaing dengan kompetitor lain yang sudah lebih dulu eksis. 

Tanpa disangka penghasilan dari usaha sampingannya itu jauh melebihi penghasilannya sebagai sekretaris. Sampai suatu hari, ia pun memutuskan beralih profesi dari pekerja menjadi pengusaha.

“Setelah saya jalani selama 4 tahun, ternyata untuk menjadi pengusaha itu harus fokus. Karena saya harus supervisi langsung sebagai jaminan kualitas,” ujarnya.

Tekad itu diwujudkannya dengan mendirikan PT Radinas Eka Saputra pada 18 Agustus 1990. Sejak 2002, bisnisnya lebih difokuskan pada resto yang dinilainya lebih menjanjikan. Ia pernah membuka resto Padang, kemudian beralih ke franchise CFC dan Sapo hingga saat ini.

Fitri-grafi
Nama Lengkap Fitriani Hamzah Keluarga Rangga Dinastri dan Kresna Ekalaya (putra/i) Pekerjaan/Jabatan Pemilik PT Radinas Eka Saputra


Artikel ini dimuat pada majalah Men’s Obsession edisi Oktober-November 2008