Ina Lang: Jungle Woman on the Move

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Suci Yulianita Foto : Dok. MO/Bambang Susapto

Di balik perawakannya yang mungil, tersimpan semangat dan tekad yang kuat, sekuat baja. Kartini Ina Herawati Lang berhasil membangun dan mengembangkan usaha yang dirintisnya dari nol sejak 21 tahun silam. Usahanya yang bergerak di bidang batu bara kian berkembang pesat. Sukses merambah daerah Kalimantan Timur, Ina –demikian ia biasa disapa-, kini menyusuri wilayah Jambi untuk pengembangan bisnisnya.

Semua yang dikerjakan tentu tak lepas dari kendala dan rintangan, terutama pekerjaan yang berisiko tinggi seperti yang dilakukannya. Ia pernah dihadapkan pada situasi mengerikan yang nyaris merenggut nyawanya ketika melintasi wilayah seorang pengusaha ternama.

Dalam menghadapi masyarakat, Ina selalu menyesuaikan dengana adat dan agama masyarakat setempat, “kalau mereka mayoritas beragama muslim, saya bangun masjid di sana, tapi kalau mayoritas beragama nasrani, saya bangun gereja,” paparnya, seraya menambahkan bahwa yang dilakukannya itu merupakan bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaannya.

Meski ia berjuang keras untuk perusahaan, ia menyadari bahwa keberhasilan yang diraihnya bukan karena one man show, namun berkat kerja tim yang solid. Di antaranya, seorang adiknya yang ahli geologis dan tentu sang suami. Sang adik mengurusi bagian area semenatara sang suami mengurusi bagian pemasaran. “Kita semua bekerja sesuai tugas dan tanggungjawab masing-masing, saya nggak ikut campur urusan adik saya dan suami saya. Begitu pun mereka, tidak ada yang mencampuri urusan saya,” ia menerangkan.

Ya, bisnisnya itu memang murni milik keluarganya tanpa bantuan atau campur tangan pihak luar. Pertama kali memang Ina dan sang suami yang bekerja ekstra mendirikan perusahaan itu. Seiring waktu, ia memberikan sebagian tugas dan tanggungjawab kepada sanak saudaranya. Ia ingin usahanya itu berkembang dan besar di tangan keluarga. Dan untuk saat ini, wanita ramah ini, memang tidak tertarik serta tidak tergoda pada bisnis lainnya. Ia fokus pada bisnis yang sekarang tengah dijalaninya. “Saya ingin fokus ke bisnis batu bara saja, tidak mau mencoba merambah bisnis lain karena saya ingin membesarkan yang ada,” ia berkata serius.

Inagrafi:
Nama Lengkap Kartini Ina Herawati Lang Lahir Jakarta, 19 Agustus 1967 Pekerjaan CEO Global Energy Resources Hobby Fashion, Traveling Keluarga Edward Magnus Lang (suami), Ryan Bradley Lang, Dylan Eamon Lang (Putera)


*artikel ini dimuat pada Majalah Men's Obsession edisi 087 Maret 2011