Dewi Aryanie: Sukses Membesarkan Sun Hope

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 14 March 2014
Sun Hope adalah salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Di tengah sengitnya persaingan antarperusahaan suplemen makanan kesehatan yang sama-sama menggunakan sistem MLM, Sun Hope mampu bertahan, bahkan termasuk perusahaan papan atas di Tanah Air. Kesuksesan itu berkat sentuhan tangan dingin Dewi Aryanie. 

Perusahaan yang berkantor pusat di Taiwan itu membuka cabang di Indonesia pada akhir 1996, dan sejak awal Dewi menjabat Managing Director PT Sun Hope Indonesia.

Namun, saat akan beroperasi pada pertengahan 1997 Indonesia dilanda badai krisis ekonomi. Dewi yang baru mau memulai langkahnya di pentas bisnis, sempat meragu.

Atas nasihat dari mertuanya yang kebetulan pemilik Sun Hope International di Taiwan, Dewi memutuskan jalan terus. “Dalam berbisnis tentu ada kendala, dan kita tidak boleh menyerah,” tegasnya.

Ia pun mulai memasang iklan untuk mencari tenaga administrasi. Di luar dugaan, surat lamaran yang masuk membludak hingga tiga karung! Dewi mendapat inspirasi cemerlang. Dia lantas mengundang semua pelamar untuk mengikuti seminar peluang usaha di Jakarta. Di situlah Dewi mempresentasikan Sun Hope, dan menawarkan para peserta untuk bergabung menjadi distributor, yang kemudian disambut baik.

Periode 1998-2000 merupakan masa booming bisnis MLM di Tanah Air. Nama Sun Hope pun melejit, bersaing dengan CNI dan Amway. Seiring menjamurnya perusahaan MLM, persoalan besar kembali dihadapi Sun Hope. Banyak distributor dan manajemen puncak dibajak oleh perusahaan lain. Produk dan sistem pemasaran Sun Hope pun ditiru.

“Saya sempat stres karena banyak distributor dan karyawan terbaik saya dibajak. Kembali tantangan bagi saya bagaimana agar Sun Hope tetap survive,” kenangnya.

Tak puas hanya menggeluti bisnis suplemen makanan kesehatan, Dewi juga merambah bisnis garmen. Dia tercatat sebagai salah seorang pemilik butik Secret Wardrobe di kawasan elite Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Butik ini memasarkan pakaian impor asal AS, seperti, Secret Wardrobe, Alexia Admor, Amelia Toro, Kenzie, dan Bordeaux. Ia juga menjadi penulis buku dan seorang kolomnis.

Dewi-grafi
Nama Lengkap Dewi Aryanie Hermanus Lahir 11 Mei 1974 Pendidikan Sarjana bisnis administrasi American College, Los Angeles, AS Pekerjaan Pendiri PT. Sun Hope, penulis Keluarga Peter Chen (suami) Jessie Chen, Mason Chen (anak).


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi Februari-Maret 2008