Siapa Lebih Cerdas, Pria atau Wanita?

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 10 March 2014
Naskah    : Andi Nursaiful/berbagai sumber Foto: Dok. MO

Pertanyaan siapa lebih cerdas di antara pria dan wanita, sudah menjadi diskursus klasik selama seabad lebih. Ada anggapan yang banyak dipercaya bahwa wanita memiliki otak lebih encer, tapi itu tidak didukung bukti ilmiah yang sahih. Dalam dua dekade terakhir, sejumlah studi ilmiah untuk menjawab pertanyaan itu, malah mengungkap banyak hal baru yang menarik.

Sebuah studi massif, misalnya, digelar oleh Dr Daniel G. Amen, seorang psikiater, ahli neurologi, dan penulis puluhan buku mengenai otak manusia. Dengan metode Single-Photon Emission Computed Tomography (SPECT) menggunakan sinar gamma, Dr Amen memindai sedikitnya 26.000 otak pria dan wanita.

Ia menemukan banyak perbedaan antara otak pria dan wanita, yang mempengaruhi bukan hanya emosi tapi juga memori, harapan hidup, bahkan kesuksesan bisnis. Salah satu penemuan penting lainnya, 112 dari 128 bagian otak wanita dialiri darah lebih banyak dari pria. Artinya, otak wanita lebih aktif dari pria. Lebih cerdas? Belum tentu.

Yang terang, aktivitas otak wanita lebih banyak terjadi di bagian prefrontal cortex . Inilah bagian otak manusia yang terpenting, kadang disebut CEO-nya otak karena fungsinya yang sangat sentral. Bagian ini mengatur perencanaan, mempengaruhi suasana hati, hingga kemampuan mempelajari kesalahan. Sementara itu, otak pria memperlihatkan lebih banyak aktivitas di bagian otak yang berurusan dengan visualisasi, pengenalan bentuk, hingga urusan menemukan obyek di wilayah yang luas.

Menurut Dr Amen, perbedaan ini tidak berarti wanita lebih cerdas dari pria. Perbedaan ini menunjukkan bahwa otak wanita dan otak pria bekerja secara berbeda. Jika kepada keduanya diberikan tes yang sama, maka yang bekerja adalah bagian otak yang berbeda.

Satu hal yang pasti, volume otak pria rata-rata lebih besar dari wanita, yakni antara 8-10% lebih besar dan 100 gram lebih ringan.  Meski begitu, wanita justru memiliki ukuran prefrontal cortex dan juga ukuran limbic cortex yang ...