KORPRI Konsisten Menjaga Keutuhan NKRI di Tengah Dinamika Pemilu

Oleh: Angie (Editor) - 03 December 2023

Bagaimana peran KORPRI dalam mendukung pembangunan nasional, terutama dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman?

Peran KORPRI dalam mendukung pembangunan nasional, terutama dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman, antara lain berperan sebagai Pelopor Perubahan Culture Set dan Mindset ASN. Dalam hal ini KORPRI dapat berperan sebagai pelopor dalam mengubah budaya dan pola pikir Aparatur Sipil Negara (ASN) menuju arah yang lebih progresif, inovatif, dan berorientasi pada pelayanan yang berkualitas. Ini termasuk pengembangan budaya kerja yang adaptif terhadap perubahan zaman dan teknologi.

Selanjutnya KORPRI juga dapat berperan sebagai Pusat Network bagi Anggotanya. Sebagaimana dipahami bahwa KORPRI dapat berfungsi sebagai pusat jaringan yang kuat bagi anggotanya, yang memungkinkan pertukaran ide, pengalaman, dan pengetahuan antar ASN dari berbagai lini pelayanan publik. Hal tersebut dapat memperkaya perspektif dan meningkatkan kolaborasi di antara mereka.

Kemudian KORPRI agar berperan sebagai Agen Perubahan untuk Digitalisasi Pelayanan Publik. Oleh karena itu KORPRI mendorong digitalisasi dalam pelayanan publik. Dengan mengadopsi teknologi modern, KORPRI dapat membantu mempercepat transformasi digital di berbagai sektor pemerintahan, meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan kualitas layanan publik.

Terakhir KORPRI harus berperan sebagai Komponen Bangsa untuk Menjamin Stabilitas Nasional. Hal ini merupakan konsekuensi sebagai salah satu komponen bangsa yang memiliki anggota besar yaitu 4,4 juta anggota. Tentunya KORPRI memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas nasional. Melalui loyalitas, profesionalisme, dan kesatuan, KORPRI dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang stabil untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Melalui peran-peran ini, KORPRI berkontribusi secara signifikan dalam membentuk perubahan positif dalam pelayanan publik, menghadapi tantangan zaman, serta memastikan peran ASN sebagai agen pembangunan yang aktif, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

 

Apakah ada inovasi atau program baru yang akan diperkenalkan oleh Dewan Pengurus KORPRI untuk menjawab tuntutan dan kebutuhan anggota KORPRI di era yang terus berkembang ini?

Program dan inovasi yang terus didorong oleh Korpri adalah digitalisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selanjutnya Program Kesejahteraan, Perlindungan Hukum. dan Perlindungan Karier.  KORPRI akan berfokus pada tiga aspek utama kebutuhan anggota, yaitu kesejahteraan, perlindungan hukum, dan perlindungan karir.

Kesejahteraan  akan dilakukan antara lain dengan melanjutkan PORNAS KORPRI setiap Tahun Genap serta turnamen-turnamen lain seperti E-Sport, Marathon KORPRI, juga dengan MTQ KORPRI setiap Tahun Ganjil, Pengajian Intelektual, Seminar dan Diskusi Keagamaan, Apresiasi Seni dan Budaya Korpri. Program perlindungan hukum dan perlindungan karir akan dilakukan antara lain dengan mengawal RPP Perlindungan Hukum ASN sebagai tindaklanjut undang-undang ASN. Disamping itu akan dilakukan program diklat-diklat seperti pendidikan advokat untuk ASN dan diklat hukum lainnya. Untuk perlindungan karir antara lain dengan mendukung manajemen talenta yang lebih akuntabel.

 

Bagaimana Dewan Pengurus KORPRI memastikan netralitas dan kontribusi positif anggota dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang?

Langkah-langkah yang diambil Dewan Pengurus KORPRI untuk memastikan netralitas dan kontribusi positif anggota dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 antara lain dengan mengingatkan terus menerus anggota Korpri untuk netral dan professional. Caranya Sosialisasi Melalui Webinar dan Acara Edukasi. Menyelenggarakan serangkaian webinar, seminar, atau acara edukasi lainnya untuk menyampaikan informasi tentang pentingnya netralitas bagi anggota KORPRI selama periode Pemilu akan membantu dalam meningkatkan kesadaran anggota terhadap kewajiban mereka untuk tetap netral.

Selanjutnya Memberikan Panduan tentang Kewajiban Bersikap Netral. Dengan memberikan panduan dan arahan yang jelas kepada anggota KORPRI mengenai kewajiban mereka untuk bersikap netral yang mencakup perilaku yang seharusnya dihindari agar tidak memengaruhi proses Pemilu akan memudahkan seluruh anggota KORPRI untuk bersikap secara benar.

Dewan Pengurus KORPRI juga akan menjalin kerjasama yang erat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lembaga terkait lainnya, seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang bersih dan adil. Kerja sama ini mencakup sosialisasi nilai netralitas kepada anggota KORPRI serta pengawasan secara terus menerus. 

Dewan Pengurus KORPRI juga telah mewajibkan anggotanya untuk tidak melakukan diskriminasi dalam Pelayanan Publik. Ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa pelayanan tetap berjalan adil dan merata tanpa adanya pengaruh politik.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Dewan Pengurus KORPRI dalam menjaga netralitas anggota serta memberikan kontribusi positif dalam mendukung pelaksanaan Pemilu. Dengan menyediakan panduan, melakukan sosialisasi, dan menjalin kerjasama dengan lembaga terkait, diharapkan anggota KORPRI akan tetap netral dan memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas tanpa dipengaruhi oleh agenda politik tertentu.