Obsession Awards 2023 “Lifetime Achievement”

Oleh: Syulianita (Editor) - 15 March 2023

Menguasai Kembali Sumber Daya Alam

Pada periode kepemimpinannya, Jokowi berhasil mengembalikan sejumlah wilayah strategis sumber daya alam yang selama ini dikuasai oleh asing. Salah satunya adalah Blok Rokan. Seperti diketahui, Blok Rokan awalnya sudah dikuasai perusahaan asal Amerika Serikat, yakni Chevron Pasifik Indonesia sejak Indonesia belum merdeka. Selain itu, Jokowi juga mengambil alih tambang emas dan tembaga di Papua yang sudah dikuasai oleh perusahaan asal Amerika Serikat, PT Freeport Indonesia. Sebelumnya, diketahui saham Freeport dikuasai oleh Negeri Paman Sam. Namun saat ini, kepemilikan saham lebih banyak dimiliki pemerintah Indonesia yakni di kisaran 51 persen.

 

Presidensi G20 Terbesar Sepanjang Sejarah

Tak dipungkiri, gelaran Presidensi G20 Indonesia menjadi yang terbesar sepanjang sejarah dengan menghasilkan G20 Bali Leaders’ Declaration bagi Pemulihan Dunia. Sejumlah negara memberikan apresiasi.  Jokowi pun mendapatkan penghargaan Global Citizen Award dari lembaga think tank terkemuka Amerika yang bernama Atlantic Counsil. Award ini merupakan bentuk pengakuan atas kepemimpinan Indonesia di G20, khususnya adalah mendorong kolaborasi dan penanganan Atlantik global dan juga upaya Jokowi dalam menciptakan perdamaian internasional dan kerja sama pasca pandemi.

Dipuji Atasi Pandemi

Pada perjalanan periode kedua, cobaan besar mengadang. Dunia dilanda pandemi Covid-19. Sehingga segala program pembangunan yang telah dirancang harus mengalami penyesuaian. Pandemi memang telah memorak-porandakan sistem dunia, baik sisi sosial, kesehatan dan juga ekonomi, ditambah lagi dengan dampak dari perang dagang global. Tapi alhamdulillah, lewat komando Jokowi, Indonesia mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dan menunjukkan kelasnya sebagai seorang pemimpin yang siap menjawab tantangan zaman. Ia pun langsung mengambil langkah-langkah strategis dalam penanganan Covid-19 di Indonesia di tengah kondisi yang tentu tidak mudah.

Karena ada dua hal yang harus diselamatkan, nyawa masyarakat dan juga ekonomi masyarakat. Keberhasilan Indonesia mengatasi pandemi Covid 19 mendapatkan pujian dari banyak kalangan internasional bahkan apresiasi dari Persatuan BangsaBangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid telah menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, pada 25 Mei 2022.

“Kami semua sangat senang melihat Bali, berkumpul acara tatap muka hari ini dalam skala besar. Saya telah diberitahu bahwa sekitar tujuh ribu peserta telah mendaftar untuk pertemuan. Dan itu pun menjadi bukti komitmen kuat sekaligus juga upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, di bawah kepemimpinan Yang Mulia Presiden Joko Widodo memerangi Covid-19 dan mengembalikan negara ke jalur pemulihan,” ujar Abdulla Shahid. Terbukti, Indonesia memang akhirnya mampu melewati kondisi parah tersebut hingga kemudian bangkit kembali pada saat ini.