Obsession Awards 2023 “Best Ministers”

Oleh: Syulianita (Editor) - 15 March 2023

M. Basuki Hadimuljono

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI

Naskah: Sahrudi Foto: Dok. Pribadi

 

Dua periode menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Pembangunan Perumahan Rakyat membuktikan Basuki Hadimuljono memang menteri terbaik di era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada tahun 2022, pencapaian Kementerian PUPR menunjukkan prestasi yang luar biasa. Ia mampu menjalankan penugasan khusus dari Presiden RI untuk mendukung beberapa agenda internasional di Tanah Air. Mulai dari dukungan Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali, Renovasi TMII, Penataan Kawasan Labuan Bajo dalam menyambut ASEAN Summit 2023, serta Penataan Kawasan Mandalika dalam penyelenggaraan event MotoGP 2022.

Untuk pembangunan infrastruktur Pekerjaan Umum dan perumahan, pada tahun 2022, Kementerian PUPR menyelesaikan sembilan bendungan, 183 km jalan tol, 76,7 ribu hektar jaringan irigasi baru, dan 237 ribu hektar rehabilitasi jaringan irigasi. Selain itu, 861,5 liter air per detik dari SPAM yang segera difungsikan, dan tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan segera dibuka. Sedangkan pembangunan rumah mencakup 3998 unit rumah susun, 4039 unit rumah khusus, 186 ribu unit rumah swadaya dan 20,7 ribu dukungan Prasarana-Sarana Utilitas (PSU) untuk rumah bersubsidi juga telah dilaksanakan.

Tercatat sejumlah infrastruktur Kementerian PUPR yang telah diresmikan pada tahun 2022. Antara lain Bidang Sumber Daya Air terdapat Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Jawa Tengah, Bendungan Bintang Bano dan Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Bendungan Semantok di Jawa Timur, Bendungan Kering Ciawi dan Sukamahi di Jawa Barat. Bendungan Sadawarna di Jawa Barat, Embung Kedung Sambi serta Embung Sumingkir di Jateng, dan Pusat Persemaian Modern Rumpin Jawa Barat.

Untuk Bidang Jalan dan Jembatan yang sudah diresmikan, antara lain Jembatan Gantung Girpasang yang terletak di Kabupaten Klaten Jateng, Jalan Bypass– Balige (KSPN Danau Toba), Jalan Tol Binjai–Langsa Seksi 1 Binjai–Stabat, Jalan Tol Manado–Bitung Seksi 2B Danowudo– Bitung, Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang, Jatim, dan Jalan Lingkar Brebes–Tegal, Jateng.

Sementara untuk Bidang Permukiman/Cipta Karya yang sudah diresmikan antara lain Rehabilitasi SDN Nglinduk 3 di Kabupaten Grobogan Jateng, Revitalisasi Pasar Johar Kota Semarang Jateng, Penataan Kawasan Pantai Bebas di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Penataan Kawasan Pulau Rinca, dan Penataan Kawasan Pantai Marina (KSPN Labuan Bajo).

Kemudian untuk Bidang Perumahan yang telah diresmikan, antara lain Rumah Susun Ponpes Al-Qur’an Azzayadiy di Jateng, Rumah Susun Yayasan Bhakti Bapak Emak di Jatim, Asrama Mahasiswa Nusantara di Jatim, dan Hunian Tetap Desa Tambe di Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, dalam penataan anggaran, kementerian ini memperlihatkan kinerja yang baik. Terbukti memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Sedangkan dalam penyerapan anggaran Kementerian PUPR pada TA 2022, realisasi penyerapan anggaran program belanja Kementerian PUPR sebesar Rp118,03 triliun atau 93,7 persen. Sementara dalam belanja infrastruktur, berdasarkan data, capaian penggunaan produk dalam negeri pada belanja infrastruktur PUPR tahun 2022 mencapai angka sebesar 93,4 persen.