Obsession Awards 2023 “Best Bureaucrats”

Oleh: Syulianita (Editor) - 15 March 2023

Bambang Hendroyono

Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

Naskah: Sahrudi Foto: Sutanto

 

Bambang Hendroyono adalah sosok birokrat yang memiliki integritas moral dalam menjalankan pegabdian kepada negara. Tak berlebihan jika pada tahun 2022 lalu ia dianugerahi penghargaan “Birokrat Terbaik” oleh Himpunan Alumni (HA) IPB atas dedikasinya selama lebih dari 35 tahun sebagai birokrat. Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, ini telah memperlihatkan kinerja yang mumpuni dalam menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian LHK.

Dedikasi dan loyalitas dalam bertugas telah menjadi bagian dalam hidupnya sejak masih mahasiswa. Ia terbiasa menuntaskan tugas dalam satu hari. Tidak ditunda-tunda. Karena itu, kalangan pegawai di KLHK tak merasa heran jika melihat Bambang tiba di kantor pada jam pagi dan pulang bisa sampai larut malam.

Kinerja positif Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2021-2022 bisa dilihat dari berbagai torehan prestasi. Di antaranya dalam hal pengelolaan keuangan negara, KLHK kembali berturut-turut selama enam tahun memperoleh Opini WTP dari BPK RI. Kali ini atas Laporan Keuangan KLHK Tahun 2021. KLHK juga mendapat penghargaan atas kinerja anggaran pada tahun 2021 dengan predikat ‘Sangat Memuaskan’, dan pengelola SBSN terbaik 2022 dari Kemenkeu.

Apresiasi atas pengelolaan SBSN ini tentu berkat kerja keras semua pihak di KLHK, sehingga bisa mengelola SBSN ini sesuai yang direncanakan. Melalui penghargaan ini, tentu jajaran KLHK akan terus terpacu meningkatkan pengelolaan SBSN ini menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Begitu pun dalam aspek nilai keterbukaan informasi publik. Selama empat kali berturut-turut, KLHK memperoleh predikat sebagai badan publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat. Anugerah Keterbukaan Informasi Publik merupakan penganugerahan yang diberikan oleh KIP setiap tahunnya kepada badan publik yang menjalankan amanah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh KIP.

Prestasi lain yang ditorehkan KLHK, yaitu peringkat pertama Indonesia SDG’s Actions Awards kategori Kementerian/ Lembaga; penghargaan berbagai sistem informasi sebagai sistem inovasi KLHK. Kemudian juga meraih penghargaan “Bhumandala Kanaka” atau medali emas untuk kategori kementerian/lembaga dalam Bhumandala Award 2022.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi KLHK dalam mengembangkan simpul jaringan, dan meningkatkan pemanfaatan lnformasi Geospasial Semua prestasi yang diraih KLHK ini merupakan bukti nyata dalam mendukung tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance).