Obsession Awards 2023 "Top Hosts"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

Andi Flores Noya

Host Kick Andy

Naskah: Sahrudi Foto: Istimewa

 

Andi F Noya sebagai host telah memberikan kontribusi besar bagi upaya membangun semangat dan inspirasi  bangsa dengan acara 'Kick Andy' yang digagasnya dan ditayangkan di Metro TV. Acara ini mendapatkan atensi luar biasa dari audience Tanah Air terbukti dengan tetap eksisnya program tersebut sejak 16 tahun lalu hingga sekarang.

Acara ini selalu menjadi sorotan publik dan disukai banyak orang, karena banyak memberikan edukasi dan fakta, serta tentu didukung karakter khas vokal Andi dan investigasi mendalam. Membuat acara ini mendapat apresiasi dengab diraihnya sejumlah penghargaan, antara lain ‘Panasonic Gobel Awards 2010 untuk kategori Presenter Talkshow Terfavorit’, dan ‘Panasonic Gobel Awards 2011 untuk kategori Presenter Talkshow Terfavorit’

Prestasi yang diraihnya sekarang pastinya melalui proses kehidupan yang panjang. Pria kelahiran Surabaya 6 November 1960 ini pertama kali terjun sebagai reporter pada 1985. Saat itu, ia membantu majalah TEMPO untuk penerbitan buku Apa dan Siapa Orang Indonesia, ketika masih kuliah di Sekolah Tinggi Publisitik (STP) Jakarta.

Andy kemudian diajak bergabung oleh Lukman Setiawan, pimpinan di Grafitipers, salah satu anak usaha TEMPO dalam harian ekonomi Bisnis Indonesia yang pada tahun 1985 hendak terbit. Oleh karena itu, Andy tercatat sebagai 19 reporter pertama di harian tersebut. Baru dua tahun di Bisnis Indonesia, ia kemudian diajak untuk memperkuat majalah MATRA yang baru diterbitkan TEMPO oleh Fikri Jufri, seorang wartawan senior majalah TEMPO, sehingga kemudian ia bergabung bersama MATRA. 

Saat ia masih bersama MATRA, pada tahun 1992, datang tawaran dari Surya Paloh, pemilik suratkabar Prioritas yang waktu itu dibredel. Ia mengajak Andy untuk bergabung dengan koran Media Indonesia yang mereka kelola. Sejak itulah Andy kembali ke dunia surat kabar. Dalam perjalanan kariernya, Andy pernah menjadi host program Jakarta Round Up dan Jakarta First Channel di Radio Trijaya selama lima tahun, dari tahun 1994 sampai 1999.

Pada 1999, stasiun televisi swasta nasional RCTI menghadapi masalah pergolakan di kalangan wartawan program berita Seputar Indonesia. Hal ini berkaitan dengan adanya ketentuan yang mengharuskan PT Sindo, anak usaha RCTI yang menaungi Seputar Indonesia, untuk bergabung dengan RCTI sebagai induk. Andy diutus untuk membantu bersama wartawan senior Djafar Assegaff. Tugas utama mereka adalah memimpin Seputar Indonesia sekaligus memuluskan proses transisi ke RCTI.

Stasiun televisi Metro TV mendapat izin siarannya pada tahun 2000. Surya memanggil Andy kembali untuk memimpin Metro TV sebagai pemimpin redaksi. Tiga tahun kemudian pada tahun 2003, Andy ditarik kembali ke Media Indonesia. Kali ini ia menjadi pemimpin redaksi di surat kabar umum terbesar kedua di Indonesia itu.

Saat pemimpin redaksi Metro TV Don Bosco mengundurkan diri pada awal tahun 2006, Andy diminta merangkap menjadi pemimpin redaksi Metro TV menggantikan Don Bosco. Saat itu, ia telah menjadi wakil pemimpin umum di Media Indonesia. Hingga kini Andy telah menjadi pembawa acara terpopuler “Kick Andy” yang ditayangkan di Metro TV.