Bamsoet Khawatirkan Chiki Ngebul

Oleh: Angie (Editor) - 10 January 2023

Snack nitrogen - Mensobsession

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dengan merebaknya keracunan jajanan yang mengandung nitrogen cair atau populer disebut chiki ngebul.

Menurut catatan dari Dinas Kesehatan Jawa Barat (Jabar) saja sudah 28 orang di Kabupaten Tasikmalaya dan Bekasi yang menjadi korban.

"Saya meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menanggapi secara serius kasus keracunan pada anak tersebut, dengan segera mengeluarkan aturan terkait larangan penjualan jajanan yang mengandung nitrogen cair ataupun jajanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya lainnya," tegas Bamsoet di Jakarta, Selasa (10/1).

Untuk itu dia juga minta dinas kesehatan untuk secara rutin melakukan inspeksi makanan atau minuman di setiap area sekolah, guna memastikan makanan dan minuman dijual tidak mengandung bahan berbahaya atau telah teruji keamanannya.

"Kemenkes bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) harus melakukan penelitian mendalam terhadap jajanan yang mengandung nitrogen cair tersebut agar diketahui secara jelas dan disampaikan kepada masyarakat mulai dari kandungan yang disebut berbahaya hingga dampak negatif dari mengonsumsi makanan/jajanan tersebut."

Sementara untuk pihak sekolah, agar memberikan imbauan kepada para orang tua untuk mengingatkan anak agar tidak secara sembarang membeli makanan atau jajanan dari luar khususnya jajanan yang belum teruji keamanannya. (rud)