Webseries Gatot Hidupkan Gatotkaca di Dunia Modern

Oleh: Giatri (Editor) - 16 July 2022

Indonesia Kaya kembali berkolaborasi dengan BOOW LIVE mempersembahkan webseries andalannya #MusikalDiRumahAja. Pada episode pertama di tahun 2022, mengangkat cerita rakyat dari Tanah Jawa berjudul “Gatot”, namun dibalut dengan kemasan yang modern.

Pertunjukan musikal-aksi ini berkisah tentang pemuda bernama Gatot yang ingin mewujudkan permintaan sang ayah, yakni dapat memerankan sosok Gatotkaca dalam pertunjukan wayang orang. Ia sendiri juga sangat mengagumi tokoh pewayangan yang sangat popular di Indonesia ini. Kecintaannya tersebut ia tuangkan lewat gambar-gambar di buku saku yang selalu ia bawa.

Namun, tak semudah membalik telapak tangan, pamannya yang seorang pemimpin produksi pertunjukan menilai Gatot belum layak memerankan Gatotkaca. Sang paman bahkan memberikan peran tersebut kepada rekannya yang lain. Mendekati pertunjukan sebuah kejadian terjadi, Gatot dihadapkan pada pilihan apakah ia berani mewujudkan mimpinya atau hanya bisa menjadi Gatotkaca dalam gambar-gambarnya saja.

Sutradara teater “Gatot” Rama Soeprapto menuturkan, kita banyak tahu Gatotkaca melalui kisah heroiknya. Namun, kita tak tahu kisah dibalik itu. “Gatot itu seperti anak muda sekarang yang ingin mewujudkan mimpinya. Sementara, kaca merefleksikan bayangan. Kita semua pasti memiliki mimpi yang selalu mengikuti seperti bayangan. Kami ingin menerjemahkan itu melalui kisah ini,” imbuhnya.

Renitasari Adrian, Program Director Indonesia Kaya menuturkan,bangsa kita memiliki beragam cerita rakyat yang memiliki pesan moral yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan menjadi kekayaan budaya lisan Indonesia.

“Hal ini juga mendorong kami untuk menghadirkan #MusikalDiRumahAja pertama kali pada 2020, sebagai upaya kami dalam menampilkan berbagai cerita rakyat dengan kemasan yang modern sehingga dapat diterima oleh masyarakat, khususnya generasi muda,” ungkapnya.

Program tersebut ternyata mendapat apresiasi luar biasa dari para penikmat seni dengan jumlah penayangan yang mencapai lebih dari 2,5 juta kali di kanal YouTube IndonesiaKaya.

“Tentunya apresiasi ini mendorong kami dan BOOW LIVE untuk kembali menghadirkan kisah-kisah terbaru dari daerah lain di Indonesia. Kami harap, episode terbaru #MusikalDiRumahAja dapat menghibur dan diterima dengan baik oleh para penikmat seni di rumah,” pungkasnya.

“Gatot” diramaikan oleh Teguh Kenthus Ampiranto (Birawa), Sandhidea Cahyo (Gatot), Woro Mustiko (Giwa), Galih Rangga (Bima), dan juga Tim Wayang Orang Bharata. Sentuhan melodi yang indah dari penata musik Ammir Gita, penataan tari dan gerak dari Ariraditya serta Yudhi juga semakin mewarnai drama musikal ini.

"Gatot" dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya.

Selain "Gatot" #MusikalDiRumahSaja juga mengangkat webseries yang terinspirasi dari legenda Tanah Batak berjudul "Batu Gantung" yang dapat disaksikan pada 21 Juli mendatang.