Chico Aura Dwi Wardoyo, Putra Papua yang Cetak Sejarah di Malaysia Master 2022

Oleh: Giatri (Editor) - 10 July 2022

Sejarah tercipta di Malaysia Master 500, Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi putra berdarah Papua pertama yang berhasil menjuarai BWF Super 500.

Chico berhasil menekuk tunggal putra asal Hong Kong, Ng Ka Long Angus di laga puncak Tunggal Putra Malaysia Master 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (10/7).

Bermain selama 45 menit,  Chico menang dua gim langsung 22-20, 21-15.

Pada gim pertama, kedua pemain bertarung dengan ketat. Mereka silih berganti memimpin, sehingga tercipta 10 kali nilai sama. Chico berbalik unggul setelah kedudukan 19-19. Sempat disamakan 20-20, ia akhirnya menutup gim itu dengan 22-20.

Pada gim kedua, Chico merebut tiga poin pertama. Namun, lawannya mampu menyamakan kedudukan. Kejar-kejaran poin terus terjadi hingga interval gim kedua Chico unggul tipis 11 – 10.

Usai interval, Chico mampu menyuguhkan permainan impresif, hingga menutup gim dengan 21-15. Ini menjadi gelar pertama Chico dalam turnamen BWF World Tour.

Sebelumnya, pemain kelahiran Jayapura, 15 Juni 1998 tersebut pernah jadi semifinal di ajang Syed Modi International pada 2018. Tahun ini, ia juga berhasil lolos ke semifinal Kejuaraan Asia.

Usai pertandingan Chico mengungkapkan, senang dan bangga dapat meraih gelar pertama di Super 500. "Saya tidak menyangka bisa juara di sini, tapi ini juga berkat persiapan saya yang cukup baik jelang turnamen ini. Saya berharap ini menjadi bentuk tambahan kepercayaan diri menuju turnamen-turnamen selanjutnya. Saya ingin lebih enjoy dalam setiap permainan yang saya jalani," ungkapnya.

Chico pun mempersembahkan gelar ini untuk semua pihak yang sudah mendukungnya. "Untuk orangtua, kakak, dan adik. Semua keluarga. PBSI juga pastinya. Terima kasih untuk Coach Irwansyah, Koh Jonatan (Christie), Aa Ginting (Anthony Sinisuka), Mas Vito (Shesar Hiren), dan semua tim tunggal putra," ungkap Chico.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia, khususnya Papua atas doa dan dukungan yang ia terima selama ini. "Semoga apa yang saya raih bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi anak-anak di sana," pungkasnya.