9 Kebiasaan Sehat Bagi Penderita Hipertensi

Oleh: content (Administrator) - 01 January 2013
Naskah : A. Rapiudin/berbagai sumber   Foto/Ilustrasi: Dok. MO

Hipertensi alias tekanan darah tinggi dikenal sebagai penyakit sangat berbahaya lantaran menimbulkan dampak amat fatal bagi penderitanya. Meski amat berbahaya, penyakit ini bisa dikelola dengan bimbingan dokter.   Yang jelas penderita hipertensi harus mengubah pola pikir dan pola tindak. Membuang kebiasaan lama, seperti merokok dan menggantikannya dengan kebiasaan baru yang lebih sehat. Ada 9 kebiasaan yang bisa dilakukan seorang penderita tekanan darah tinggi agar hidupnya  menjadi lebih sehat.

1. Hadapilah kenyataan
Hal ini mungkin kelihatan sepele, namun sebenarnya sangat penting. Langkah pertama untuk mengelola tekanan darah adalah menyadari bahwa Anda memiliki masalah dengannya. Tanpa mengakui masalahnya, Anda akan menjalani hidup seperti biasanya  yang bisa berbahaya. Anda akan tetap makan tanpa kendali, tidak memonitor tekanan darah Anda, menganggap enteng gejala-gejala yang tidak biasa dan mengabaikan anjuran untuk meminum obat.

2. Kurangi berat badan
Tekanan darah biasanya juga terkait dengan berat badan. Bila Anda kelebihan berat badan,maka  menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Setiap pengurangan satu kilogram berat badan bisa menurunkan tekanan darah sampai 4 poin.

3. Miliki tensimeter pribadi
Bila Anda sudah didiagnosis hipertensi, sangat dianjurkan untuk memiliki alat pengukur tekanan darah (tensimeter)) sendiri di rumah. Tensimeter memiliki beberapa manfaat, antara lain memperingatkan Anda bila memiliki tekanan darah tinggi yang berbahaya sehingga dapat segera mendapatkan pengobatan.  

4. Mulailah berolahraga
Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga memberikan manfaat tambahan pada tekanan darah tinggi. Olahraga aerobik 20-30 menit, 3 kali seminggu, dapat menurunkan tekanan darah 8 poin sampai setengah hari pada penderita hipertensi ringan. Olahraga yang paling ...