Oleh: -

Mengubah Behaviour dan Mindset Menuju Transformasi Digital

Tahun ini PT Jasa Raharja mengkoordinasi Program Mudik Gratis 2022 untuk masyarakat. Setelah dua tahun tidak digelar. Apa saja syaratnya?

Alhamdulillah, lebaran tahun ini Presiden Joko Widodo mengizinkan masyarakat Indonesia untuk mudik. Sektor darat menjadi yang paling krusial. Sekitar 47 persen dari 85,5 juta orang diprediksi akan melakukan mudik menggunakan jalur darat, baik kendaraan pribadi maupun angkutan darat seperti bus. Melihat banyaknya minat mudik dan untuk mencegah arus kendaraan yang sangat padat, maka Jasa Raharja membuat program mudik gratis, aman, dan sehat. Pendaftaran dibuka dari tanggal 9-18 April 2022, melalui aplikasi JRku dan website Jasa Raharja.

Alhamdulillah, animo masyarakat sangat baik. Tidak hanya bis, kami juga menyediakan layanan kereta api. Syarat Mudik Gratis Jasa Raharja 2022 juga sangat mudah, di antaranya harus memiliki sepeda motor dan SIM C, satu orang pendaftar dapat mengajak maksinal empat orang dewasa (di atas 3 tahun), pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dengan dibuktikan oleh Kartu Keluarga (KK), surat nikah maupun akta lahir. Untuk data penunjang verifikasi yang harus diunggah, antara lain KTP dan SIM C yang masih berlaku atas nama sendiri. Nama KTP dan SIM harus sama; STNK dan Pajak Sepeda Motor yang masih berlaku, dan sertifikat vaksin untuk masing-masing calon peserta mudik.

 

Ke depan, apakah program mudik gratis akan diterapkan di luar Pulau Jawa?

Ini menjadi masukan dan pertimbangan untuk program yang akan datang. Namun, saat ini paling padat adalah mobilisasi mudik dari Jakarta ke Pulau Jawa, jadi kami fokus ke sini.

 

Apa saja langkah preventif untuk menghadapi Mudik Lebaran 2022?

Pertama, kami melakukan kerja sama dengan semua stake holder, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Korlantas, dan pemerintah daerah setempat. Belum lama ini, saya diundang oleh Pak Menhub Budi Karya untuk meninjau simulasi penanganan arus lalu lintas. Sejumlah rest area mendapat perhatian, yakni, Km 57, Km 70, dan 62B arah Jakarta.

Simulasi rekayasa lalu lintas ini dilakukan sebagai uji coba penanganan kepadatan di sejumlah rest area. Termasuk ketersediaan bahan bakar dan toilet untuk para pemudik. Diharapkan ketika memasuki rest area semakin cepat pergerakan para pemudik, sehingga tidak akan menimbulkan kemacetan dan penumpukan. Rest area juga menjadi sarana pendukung yang penting untuk menjaga kebugaran pemudik. Harapannya perjalanan mudik masyarakat tahun ini tanpa ada gangguan.

Kepadatan pada masa mudik lebaran nanti diprediksi berada di jalur tol dari Bekasi dan Jakarta ke arah Cikampek hingga Semarang. Simulasi rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk memastikan aspek kelancaran, keamanan, dan keselamatan, hingga protokol kesehatan selama masa Angkutan Lebaran 2022 tetap terjaga dengan baik. Langkah penting lainnya, di antaranya siaga 2.000 personel, menyiagakan 29 wilayah cabang, memastikan pelunasan iuran wajib kendaraan umum darat, laut, udara; hingga posko digital terpadu secara nasional monitoring data Laka Online.

Sepanjang 2021, Jasa Raharja berhasil membukukan kinerja positif selama 2021. Hal ini terlihat dari pertumbuhan laba bersih meningkat 9,29 persen dari perolehan laba bersih pada 2020. Apa kunci suksesnya?

Keberhasilan tahun lalu tak lepas dari langkah transformasi digital yang diterapkan Jasa Raharja dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat melalui pengembangan aplikas JRku dan Sistem Verifikasi Rawatan (Sivera), integrasi sistem pelayanan santunan dengan IRSMS Korlantas Polri, Sistem Kependudukan dan Catatan Sipil Ditjen Dukcapil, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit dan perbankan.

Selain mempercepat kualitas pelayanan, kami juga melakukan berbagai transformasi digital sepanjang 2021 yang meliputi penerapan sistem DASI-JR, sistem keuangan ORACLE e-Business Suite untuk transaksi pendapatan, investasi, klaim, sistem pelaporan manajemen risiko digital Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMR), tata kelola SDM melalui HRIS, MOVIS, tata persuratan digital SIAP-JR, dan PKBL Online.

Kondisi ini tidak membuat kami berpuas diri, saat ini kami sedang terus mengembangkan fitur-fitur dalam aplikasi JRku yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam keselamatan transportasi, salah satunya Jalanku. Dengan fitur ini masyarakat akan mendapatkan notifikasi apabila memasuki daerah rawan kecelakaan saat melakukan perjalanan.

Tak kalah penting dalam upaya membangun teknologi, kami tidak bisa sendiri. Kami terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai instansi, seperti dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta rumah sakit di seluruh Indonesia.

 

Aplikasi JRku Jasa Raharja Raih Penghargaan Digital Innovation Awards 2022. Apa pandangan Bapak mengenai hal ini?

Sebetulnya ini adalah permulaan, belum selesai. Kenapa belum selesai? karena teknologi yang kita gunakan pasti dinamis. Dengan penghargaan ini, semakin memotivasi kami untuk terus mengembangkan platform digital guna memberikan kemudahan layanan.

JRku merupakan aplikasi terbaru dari Jasa Raharja. Aplikasi ini memberikan informasi dan kemudahan layanan bagi masyarakat yang mengalami kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964. Aplikasi JRku juga sudah bekerja sama dengan instansi lain, seperti Korlantas Polri, dalam sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Melalui kerja sama tersebut, pelanggaran lalu lintas dapat terpantau oleh sistem ETLE. Informasi pelanggaran dan notifikasinya pun dapat dilihat secara real-time.

Selain itu, aplikasi JRku juga dapat digunakan untuk beberapa aktivitas lain meliputi memberikan santunan online, mengetahui kondisi lalu lintas melalui fitur Jalanku, melakukan pembayaran program perlindungan penumpang kendaraan umum, dan mengecek Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ). Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengecek jaminan keamanan pembayaran secara online, uang elektronik dengan fitur Finpay Mobile, dan kendaraan user yang terintegrasi dengan sistem ETLE.

 

Jasa Raharja memiliki tanggung jawab tidak hanya pada penanganan pasca kecelakaan tapi juga pada program preventif pencegahan kecelakaan. Apa saja peran aktif yang dijalankan Jasa Raharja dalam keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan?

Perlindungan terbaik yang diberikan Jasa Raharja merupakan amanah yang harus kita laksanakan dengan sepenuh hati, seperti langkah-langkah strategis untuk pencegahan kecelakaan, pengadaan sarana pencegahan kecelakaan (ambulance, traffic cone, barikade jalan, papan peringatan darat, air, KA; life buoy, life jackets, helm), Pelaksanaan Pelatihan Penanganan Gawat Darurat, Jasa Raharja Goes to Campus, safety campaign keselamatan berlalu lintas, safety riding bagi ojol dan pengemudi taksi online, maupun pemasangan papan peringatan.

Kami juga melakukan sosialisasi tentang rambu-rambu baru untuk mencegah kecelakaan, misalnya red spot – sebuah tanda rambu jalan raya berupa marka merah dan bertuliskan batas kecepatan maksimal saat berkendara. Ini sudah diterapkan di enam daerah, di antaranya Kretek Wonosobo, Lampung, Bogor, terakhir Mandalika.

Target kinerja tahun 2022 yang dibidik Jasa Raharja?

Jasa Raharja dapat tumbuh berkelanjutan, setelah meletakkan pondasi fundamental perusahaan pada 2021 lalu. Manajemen dan seluruh insan Jasa Raharja terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, melakukan inovasi transformasi digital, dan efisiensi. Ketiga langkah ini menjadi kunci bagi pertumbuhan perusahaan di saat pandemi maupun menjadi pondasi pertumbuhan yang berkelanjutan.

 

Bapak dikenal sebagai sosok yang sangat inovatif, apa lagi langkah transformasi digital yang akan dilakukan ke depannya?

Transformasi digital adalah suatu proses yang berkesinambungan. Tidak hanya satu step dan tidak bisa dilakukan dalam waktu satu atau dua tahun saja. Transformasi digital ini sudah masuk ke dalam rencana strategis jangka pendek, menengah, dan panjang. Sebagai contoh, kami sudah melakukan kontrol pengembangan dashboard. Lalu, membuat layanan berdasarkan customer experience atau customer needs. Bersinergi dengan berbagai pihak untuk sistem pembayaran, penerimaan santunan, dan penerimaan iuran. Kemudian, melakukan sinergi untuk keselamatan berlalu lintas. Supaya masyarakat bisa benar-benar aware terhadap risiko kecelakaan.

Tahun ini mimpi saya adalah ada fitur yang bisa diakses oleh masyarakat untuk mengetahui informasi tentang kecelakaan. Cukup memasukkan nopol kendaraan, langsung muncul status, di mana terjadinya kecelakaan, berapa yang luka-luka, apakah ada korban tewas, langsung ter-capture dalam bentuk pesan yang bisa di-share ke siapa pun. Dan, ini resmi dari Jasa Raharja.

 

Tantangan dalam mengubah behaviour dan mindset untuk menuju transformasi digitalisasi dan bagaimana bapak mengajak tim untuk berlari kencang?

Mengubah behaviour dan mindset itu bisa dilakukan dengan cara melibatkan mereka dalam proses transformasi digital. Tanpa dilibatkan, behaviour mereka tidak akan berubah. Bicara soal perubahan bukan hanya sekadar omongan, maupun diminta menjalankan perintah, tapi dilibatkan dalam prosesnya. Dengan demikian, insan Jasa Raharja bisa diajak berlari kencang. Contohnya sudah ada, saat pembuatan dashboard monitoring hanya dalam hitungan bulan mampu diimplementasikan.

Di tengah kesibukan Bapak, bagaimana membagi waktu untuk keluarga, membangun relasi, dan me time?

Bagi saya tidak ada kata sibuk. Ini soal manajemen waktu. Saya selalu mempergunakan waktu dengan optimal. Setiap hari saya sudah tiba di kantor pukul 08.00 WIB, sebelumnya saya menyempatkan diri untuk bersepeda agar badan fit. Nah, waktu di kantor saya maksimalkan untuk bekerja, sehingga saat pulang ke rumah bisa quality time dengan keluarga.

Di keluarga, kami sepakat untuk menjaga komunikasi. Jadi, walaupun saya atau ibu (istri) ada tugas negara, kami bisa memanfaatkan WhatsApp Group, dan melakukan video call, sesederhana itu. Saat sahur pun kami selalu bersama. Bahkan niat puasa pun saya yang memimpin. Inilah salah satu momen kebersamaan kami, selalu berkumpul dan bercengkrama.

 

Kegiatan yang Bapak lakukan bersama keluarga?

Biasanya saya bermain dengan cucu. Saya juga selalu menawarkan kepada anak-anak kapan mau pergi liburan. Sudah menjadi tradisi bagi kami, anakanak membuat materi dan presentasi tempat yang akan kami kunjungi. Bahkan, saya tinggal terima beres, akomodasi, dan lain-lainnya sudah disiapkan. Ini adalah quality time yang kami bangun setiap dua atau tiga bulan sekali.

 

Kalau Bapak sendiri masih aktif di komunitas?

Ya. Karena dalam hidup saya punya prinsip untuk menjalin silaturahmi yang baik, jangan sampai terputus. Saya mengikuti banyak komunitas, mulai dari alumsi SMA, UGM, hingga klub vespa. Setiap hari Minggu, biasanya saya ikut sunmori (Sunday morning ride) bareng teman-teman vespa. Meski aktivitas tengah padat, saya selalu menyempatkan untuk menyapa temanteman di grup WA. Setiap ada acara pun saya sempatkan untuk hadir. 

 

Lebaran tahun ini Bapak harus menjalan tugas untuk memantau pelaksanaan Mudik 2022, bagaimana dengan sikap keluarga?

Saya dan Istri sama-sama Abdi Negara dan harus melayani masyarakat. Istri saya saat ini mendapatkan amanah sebagai Dirjen PDAS dan Rehabilitasi Hutan Kementrian KLHK. Sehingga anak-anak pun mengerti, malah mereka mendukung dan bangga. Tapi, kembali lagi ini soal manajemen waktu. Saya bersama jajaran direksi lainnya sudah membagi jadwal piket. Jadi, setelah menjalankan tugas, saya bisa berkumpul bersama keluarga. Tugas dapat dilaksanakan dengan baik, silaturahmi pun tetap terjaga.