Cumi Cumi Restaurant by Grandin, Menikmati Hidangan dengan Suasana Laut

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 February 2022

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto

Jalan-jalan ke Ancol Jakarta, bisa sekaligus menikmati staycation di hotel kawasan Ancol. Salah satunya adalah Hotel Grand Dafam Ancol Jakarta yang terletak tak jauh dari pintu masuk Ancol. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, termasuk F&B Outlet untuk para tamu menikmati aneka hidangan lezat dengan suasana berbeda. Cobalah singgah di Cumi Cumi Restaurant by Grandin yang terletak di lobi area hotel untuk mencicipi pengalaman cita rasa kuliner khas kearifan lokal dengan suasana laut.

Beberapa waktu lalu, tim Men’s Obsession berkesempatan mengunjungi Cumi Cumi Resto sekaligus mencicipi lezatnya cita rasa khas racikan sang Sous Chef Hotel Grand Dafam Ancol Jakarta, Chef Kurnady.  

Begitu pertama memasuki area resto, kesan suasana laut yang meneduhkan hati begitu terasa. Selaras dengan nama resto yang diambil dari nama hewan laut, ambience-nya pun sungguh kental akan suasana laut. Warna biru laut mendominasi interior resto, seperti pada kursi dan dinding resto. Pada dinding sudut resto yang menggambarkan puluhan ikan sedang berenang di laut biru semakin menguatkan suasana laut. Kesan tersebut mungkin tercipta lantaran resto dan hotel ini berada di kawasan laut Jakarta, yaitu Ancol. 

Begitu pula hidangan yang disajikan, beberapa di antaranya merupakan olahan hasil laut. Seperti aneka olahan cumi, ada cumi goreng tepung, cumi saus padang, dan cumi goreng tepung telur asin. Selain cumi, pastinya ada ikan, seperti Kakap bakar dabu dabu, ini yang menjadi salah satu signature dishes dan top ten menu di resto berkapasitas 80 seating capacity selama pandemi ini. Menurut Chef Kurnady, hidangan di Cumi Cumi Resto memang bisa dikatakan 80% makanan bercita rasa nusantara. Meski demikian, Chef Kurnady menyajikannya dengan sentuhan internasional. Contohnya seperti Kakap bakar dabu dabu ini menjadi menu yang unik dan bisa dikatakan hanya ada di Cumi Cumi Resto. Jika di resto lain dihidangkan dengan nasi, berbeda dengan di resto ini, dihidangkan dengan mashed potato yang disajikan dengan tampilan internasional. 

“Karena kita mengangkat kearifan lokal, menu-menu yang ada di Cumi Cumi Resto ini juga menu lokal, tapi kita kemas dengan sentuhan internasional. Untuk rasa tetap rasa masakan Indonesia, kita tidak menghilangkan cita rasa Indonesia. Seperti Kakap bakar dabu dabu, kita buat sedikit berbeda. Biasanya kalau di tempat lain kan pake nasi, nah saya di sini mengusung internasional, tapi dengan kearifan lokal, saya pake mashed potato. Jadi ada perpaduan internasional dan lokalnya. Itulah bedanya dengan di tempat lain, dan itu menjadi salah satu top 10 menu kita,” terang Chef Kurnady.

Selain itu, ada juga sup buntut yang tak kalah lezatnya. Sementara untuk dessert, cicipilah Roti bakar coklat keju yang juga dikemas dengan tampilan berbeda. “Untuk dessert ada roti bakar coklat keju. Ini juga kita kemas berbeda dengan di tempat lain. Di atas rotinya kita beri keju melted. Platingnya juga unik, kita menggunakan hot plate. Nah itulah yang membedakan,” imbuhnya.

Kemudian untuk beverages, karena terletak di kawasan pantai yang tentunya cuacanya sedikit panas, tersedia minuman segar yang mampu menyejukan tenggorokan dan menghilangkan haus dahaga. Adalah Green Dafam, yang menjadi minuman signature Hotel Grand Dafam Ancol.

“Green Dafam ini salah satu signature kita, perpaduan nanas, lime, dan sawi hijau, tambah sedikit susu, segar dan sehat yah. Minuman ini segar banget. Apalagi di sini kan kawasan Ancol udaranya panas. Jadi, kalau dari luar panas-panasan, masuk sini order minuman itu langsung segar,” ujar Chef Kurnady. Sementara bagi pecinta kopi, tersedia aneka macam kopi yang diracik oleh sang barista di Previere Lounge & Bar, yang terletak persis di seberang Cumi Cumi Resto.

Cumi Cumi Resto beroperasi setiap harinya mulai pukul 06.00 dimulai dengan breakfastnya tamu hotel hingga pukul 21.00 WIB. Untuk breakfast yang dibuka pukul 06.00 hingga pukul 10.00 tersedia pula beraneka macam menu yang sangat lengkap. Mulai dari menu western, menu Asia, hingga menu Nusantara. Tak ketinggalan tentunya ada live cooking juga dan aneka stall seperti noodle stall yang bergantian setiap harinya.

Anda pun bisa menikmati waktu santai malam Minggu bersama keluarga tercinta di Cumi Cumi Resto. Nikmatilah paket all you can eat bertemakan “Pasar Senggol” hanya dengan Rp.150.000, net per pax plus menikmati aneka hiburan live music. “Setiap Sabtu malam Minggu mulai jam 6 sore sampai jam 10 malam di sini ada paket dinner pasar senggol. Menunya menu pinggir jalan, makanan tematik dari seluruh nusantara, ada dari Yogyakarta, Semarang, pokoknya dari seluruh Indonesia kita ganti tiap malam minggunya. Ada live music juga yang menemani, jadi tamu juga bisa nyanyi bareng di sini,” ungkap Chef Kurnady.