Oleh: -

Berdasarkan data New All Record Kementerian Kesehatan tanggal 1-22 Januari 2022 Jumlah kasus konfirmasi nasional terus meningkat dalam 4 minggu terakhir. Proporsi kasus didominasi transmisi lokal, tidak lagi oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Data juga menyebutkan bahwa varian Omicron menunjukkan risiko perawatan dan juga tingkat kematian yang cukup rendah, namun memiliki kecepatan penularan yang tinggi, sehingga menyebabkan jumlah kasus harian meningkat tajam dan termasuk juga meningkatnya jumlah perawatan di rumah sakit.

Bagi masyarakat Indonesia yang terkonfirmasi virus Covid-19, khususnya varian Omicron, tidak perlu panik saat melakukan isolasi mandiri (isoman). Sebab Pemerintah telah menyiapkan obat Covid-19 gratis yang diantarkan ke rumah.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan telekonsultasi kesehatan dan paket obat gratis kepada pasien isoman (isolasi mandiri) positif COVID-19 varian Omicron.

Kemenkes menyebut, sasaran layanan telemedicine isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, dengan kondisi rumah layak isoman, dan berada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Tak hanya itu, syarat lainnya ialah pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes. Jika pemeriksaan dari tes PCR memberikan hasil yang positif dan laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Namun, apabila tidak mendapatkan WhatsApp pemberitahuan, bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah mendapatkan WA pemberitahuan, maka pasien bisa melakukan konsultasi secara daring bersama dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine tersebut. Untuk saat ini Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok.