Edhie Baskoro Yudhoyono (Anggota DPR/MPR RI Dapil JATIM VII)

Oleh: Syulianita (Editor) - 24 October 2021

Memimpin dengan Hati, Memperjuangkan Aspirasi Rakyat demi Pembangunan yang Terpadu, Berkelanjutan, dan Inklusif

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRI RI Dr. Edhie Baskoro Yudhoyono, B.Com., M.Sc. memimpin dengan hati serta bekerja keras mendengarkan suara dan memperjuangkan aspirasi rakyat demi pembangunan yang terpadu, berkelanjutan, dan inklusif. Berkeadilan Sosial!

Wabah Pandemi Covid-19 telah memorak-porandakan kehidupan manusia. Merasakan hal tersebut, Dr. Edhie Baskoro Yudhoyono, M.Sc. sebagai seorang wakil rakyat dari Fraksi Partai Demokrat DPR RI, terus bekerja keras untuk mengawal Pemerintah, membantu masyarakat dan tetap menjaga amanah serta harapan rakyat di tengah pandemi. Pria yang kerap disapa Ibas ini berkarya melalui jalur parlemen yang sudah menjadi bagian dari hidupnya. Setidaknya hampir 15 tahun konsistensi dan komitmen itu ditunjukkannya misalnya melalui berbagai pandangan, catatan kritis dan rekomendasi disertai solusi yang disampaikan kepada pemerintah. EBY juga konsisten mendengar aspirasi dan memperjuangkannya.

 

Tantangan Besar, Bersama Menghadapi Krisis

Tantangan besar tersebut terlihat dari hasil kerja Ibas yang juga sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI yang di antaranya memberikan dukungan penuh kepada pemerintah untuk memastikan nyawa, keberlangsungan hidup rakyat akibat dampak Pandemi Covid-19 terkendali serta terbantukan dan tepat sasaran. Berbagai macam dukungan tersebut dari pengesahan Perppu terkait penanganan Covid-19, program vaksinasi gratis, program perlindungan sosial rakyat (perlinsos), serta bantuan langsung untuk UMKM, dan peningkatan anggaran bidang kesehatan pun diperjuangkannya.

Tidak hanya berbicara saja, Ibas sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI juga selalu mendorong anggota Fraksinya untuk terus hadir di tengah tengah masyarakat. “Sebagai Ketua Fraksi, saya meminta kepada seluruh anggota FPD untuk tetap berjuang membantu rakyat dan meringankan beban mereka di dapilnya masing-masing”, ujarnya.

Beberapa program yang telah dilakukan oleh Fraksi Partai Demokrat DPR RI, yaitu Gerakan Nasional Demokrat Lawan Covid-19, Gerakan Peduli dan Berbagi se-Indonesia. Apakah itu berupa penyemprotan disinfektan, pemberian APD dan alat kesehatan lainnya hingga distribusi sembako serta bantuan lain. Waketum Partai Demokrat, EBY sendiri juga aktif bekerja sama dengan KemenKes RI dalam mendorong percepatan program vaksinasi dan sosialisasinya sebanyak lebih dari 10 ribu vaksin untuk dapil Jatim VII yang meliputi Kabupaten Pacitan, Ngawi, Trenggalek, Magetan dan Ponorogo tersebut. “Setiap nyawa satu manusia sangat penting! Untuk mencapai kekebalan lingkungan (herd immunity) tersebut maka kita pastikan kesehatan rakyat terjaga melalui program vaksinasi ini,” tuturnya.

Melihat dan merasakan hal tersebut dalam dua tahun terakhir ini. Ibas mendorong penuh negara benar-benar hadir untuk lebih memperhatikan sektor kesehatan serta mempersiapkan seluruh aspeknya dari segi infrastruktur, SDM dan ketersediaan obat-obatan. “Melihat pengalaman hari ini, negara berkembang seperti Indonesia harus lebih memperhatikan sektor kesehatannya. Kita harus susun kembali roadmap pembangunan di bidang kesehatan,” ujar Ibas.