Oleh: -

Naskah: Suci Yulianita Foto: Sutanto

Bagi Anda penikmat masakan nusantara, HaKa Resto yang terletak di gedung H Tower kawasan Rasuna, Kuningan Jakarta Selatan bisa menjadi pilihan tepat. Menu-menu yang disajikan otentik menu nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Soal rasa, tentu saja tak diragukan lagi. Coba saja Dendeng Batokok yang menjadi salah satu menu favorit HaKa!

Begitu melangkah memasuki resto dengan konsep casual dining ini, terasa begitu hangat dan nyaman tentunya. Dinding kaca yang terbentang luas di sudut resto menawarkan pemandangan langsung ke jalan raya dan gedung-gedung bertingkat area sekitar, tanpa batas. Sungguh menyenangkan untuk menjadi tempat hangout di sore hari sembari menunggu kemacetan terurai. Apalagi ada promo kopi free flow hanya seharga Rp15.000, berlaku setiap Senin – Jumat, pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Setelah itu, lanjutkan dinner buffet hanya dengan Rp99.000,++ per porsi. Selain dinner, ada pula lunch buffet mulai pukul 11.00 hingga pukul 15.00 WIB. Sementara untuk breakfast, dimulai dari jam 06.00 hingga 10.00 WIB. Menariknya selain menu nusantara sebagai menu utama yang dihidangkan di menu buffet, tersedia live carving dengan beragam pilihan, seperti ikan, daging ayam, dan beef rotisserie. Tak ketinggalan aneka menu appetizer dan dessert yang bisa dinikmati sepuasnya.

Sementara untuk menu ala carte, HaKa menawarkan menu-menu nusantara dengan rasa yang begitu menggoda. Menurut Executive Chef HaKa, Hadhi Septanto, HaKa ingin mengangkat masakan Indonesia agar bisa dilirik dan sejajar dengan menu internasional. “Kita mau mengangkat masakan Indonesia yang nggak kalah dengan masakan luar. Makanya masakan nusantara di sini lengkap. Jadi dari seluruh nusantara, seperti dari Sumatera, Jawa, dan lainnya,” ungkap Chef Hadhi yang sudah berpengalaman memasak untuk para pejabat ini. 

Salah satu signature dish di HaKa adalah Dendeng Batokok dari Sumatera yang dikemas berbeda, lebih tipis sehingga rasanya lebih crunchy, namun tetap dengan bumbu otentik. “Dendengnya lebih tipis, jadi bisa untuk cemilan juga, bisa untuk lauk, sedikit unik dan berbeda dengan yang lain,” kata Chef Hadhi. Kemudian ada Nasi Kecombrang dari Jawa Barat, Nasi Goreng Buntut, Lidah Cabe Ijo, dan lainnya.

Sementara untuk minuman, selain kopi, tersedia beragam minuman segar yang beberapa di antaranya hanya ada di HaKa. Hal itu lantaran, minuman tersebut diracik khusus oleh tim F & B HaKa. Coba saja Dizzy Miss Lizzy, ini salah satu minuman segar favorit tamu. “Minuman ini terinspirasi dari salah satu lagu band The Beatles. Basic-nya dari Mojito yang saya kembangin, karena minuman di sini kan non alkohol semua,” ungkap F & B Manager HaKa Resto, Billy Wanget.

Kemudian minuman segar nan menggoda lainnya, adalah Million Happiness. Minuman berwarna cerah ini menggunakan bahan dasar Bunga Telang dan Buah Naga yang dicampur menjadi sebuah minuman menyegarkan. Selain itu, Caramel Bitter Latte menu yang wajib dicoba para pecinta kopi.

Menurut Billy, minuman tersebut hanya ada di HaKa. Karena memang Billy yang cukup lama berkarier sebagai bartender inilah yang meracik sendiri menu-menu tersebut. “Minuman-minuman ini memang hanya ada di sini. Karena saya memang meracik hanya untuk di sini. Konsep tempat ini lebih ke modern, coffee shop modern. Jadi dari situlah saya terpikir membuat minuman yang modern dan elegan, seperti itu inspirasinya,” terang Billy.