Bank BTN, Menuju The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 January 2021

 

Strategi Jitu AKHLAK

Bank BTN menjuruskan sejumlah strategi jitu untuk mencapai misinya menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia 2025. Salah satu caranya adalah mencanangkan budaya kerja baru, yakni AKHLAK yang merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Budaya kerja yang menjadi budaya bersama BUMN tersebut akan menjadi core values perusahaan dalam menjalankan bisnisnya sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam membangun ekonomi masyarakat.

Core value AKHLAK merupakan budaya perusahaan yang senantiasa harus dijadikan pedoman perilaku BTNers (red. sebutan bagi karyawan Bank BTN). Diharapkan transformasi budaya yang dilakukan tersebut tidak hanya membuat Bank BTN berfokus menghasilkan laba saja, tetapi bagaimana perusahaan ini dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat dan negara.

Tanggap Bencana

Bank BTN kembali menunjukkan aksi nyata peduli bencana di Tanah Air. Belum lama ini, bank yang berdiri sejak 1897 ini menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat; serta banjir bandang yang menerjang 7 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Bantuan yang disalurkan berupa bahan pokok, tenda, terpal, dan obat- obatan sesuai dengan kebutuhan korban di lokasi. “Kami telah menyalurkan bantuan kemanusiaan sebagai wujud nyata pelaksanaan program Corporate Social Responsibility, bantuan tersebut disalurkan oleh BTNers atau karyawan Bank BTN maupun dengan koordinasi dari Kementerian BUMN serta instansi lain seperti Mabes TNI AD,” ungkap Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman dilansir dari siaran pers (18/1/2021). Tak hanya itu, Bank BTN juga turun langsung ke lapangauntuk memberikan bantuan-bantuan tersebut. “BTNers turun langsung ke kecamatan yang terdampak, khususnya di perumahan yang dibiayai Bank BTN, kami memberikan bantuan berupa makanan cepat saji dan pakaian serta obat-obatan,” urai Ari.

Perhatian Bank BTN tak cukup sampai di situ saja. Duka yang melanda masyarakat yang terdampak longsor di wilayah Sumedang, Jawa Barat juga mendapat perhatian Bank yang dulunya bernama Bank Tabungan Pos ini.

Termasuk banjir yang melanda Jember pun Bank BTN ikut mengulurkan tangan untuk membantu masyarakat terdampak. "Kita membantu apa yang dibutuhkan masyarakat di lapangan sesuai dengan kemampuan dan semoga ini juga mengetuk yang lainnya untuk sama-sama dapat membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah tersebut," Ari menambahkan. Dengan program CSR yang tanggap dan peka, pihaknya berharap bantuan yang diberikan BTN tersebut dapat meringankan beban para korban yang terdampak bencana alam.

“Kami terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dapat memberikan bantuan lain yang dibutuhkan para korban,” Ari menutup pembicaraan.